JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Kostratani

KOSTRATANI

 

Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KOSTRATANI) di BPP merupakan pusat gerakan yang sangat menentukan keberhasilan pembangunan pertanian melalui koordinasi,sinergi, dan penyelarasan kegiatan pembangunan pertanian di kecamatan. Terkait dengan hal tersebut, secara teknis para penyuluh pertanian di BPP akan diperkuat dengan kemampuan dalam mengidentifikasi potensi, menggali, menganalisis dan menyajikan data dan informasi pertanian. Data dan Informasi disajikan melalui media digital yang mampu menggambarkan kondisi lapangan seperti memprediksi kapan waktu panen, posisi standing crop, serangan hama penyakit dan cara pengendaliannya, teknologi budidaya, peluang dan informasi dinamika pasar dalam dan luar negeri,sampai dengan informasi pergerakan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan lain-lain.

Untuk melaksanakan amanat Presiden tersebut, Menteri Pertanian menjabarkan ke dalam program strategis yaitu dengan membangun satu data pertanian dalam satu sistem Big Data serta penguatan penyuluhan pertanian dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di kecamatan. Data merupakan kekuatan utama dalam membangun ketahanan pangan kedepan, sehingga kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di sektor pertanian harus didasarkan pada data dan informasi lapangan yang akurat. Untuk memantapkan data pertanian tunggal (SATU DATA), Kementerian Pertanian melaksanakan verifikasi ulang dengan melibatkan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Informasi Geospasial (BIG). Data pertanian akan dibangun dalam satu sistem Big Data dan disajikan secara komprehensif oleh Kementerian Pertanian melalui Agriculture War Room (AWR) sebagai pusat Komando Strategis Pembangunan Pertanian. Sistem data dipersiapkan untuk dapat memonitor kegiatan pembangunan pertanian secara real time dengan basis data yang handal dan akurat.

BPP sebagai KOSTRATANI harus didukung dengan kelembagaan yang solid, ketenagaan yang profesional, dan penyelenggaraan fungsi penyuluhan yang berbasis IT dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas berusahatani sehingga produksi usaha pertanian mampu meningkatkan produktivitas, produksi, pendapatan dan kesejahteraan petani.

Pedoman operasional KOSTRATANI dimaksudkan sebagai acuan bagi para pemangku kepentingan di tingkat pusat (KOSTRANAS), wilayah (KOSTRAWIL), daerah (KOSTRADA) dan pelaksana teknis serta pelaku pertanian di tingkat kecamatan dan lapangan (KOSTRATANI). Dalam mewujudkan KOSTRATANI sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian di kecamatan dilakukan optimalisasi tugas, fungsi dan peran BPP dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.