JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

PEMANGKASAN PERTAMA PADA CABE JAWA

PEMANGKASAN PERTAMA PADA CABE JAWA

Oleh:


Erdiansyah, S.P.

Cabe Jawa atau Piper retrofractum Vahl.  masih kerabat dengan sirih dan lada.  Sifat tumbunya pun sama yakni melekat erat dan memanjat pada permukaan bidang disekitar tumbuhnya.  Buah cabe jawa banyak dimanfaatkan untuk kesehatan.  Beberapa sumber ilmiah menyebutkan bahawa buah cabai jawa sangat banyak khasiatnya diantaranya dapat mengobati asma, kejang perut, lemah syahwat, demam, masuk angin, dan masih banyak khasiat lainnya.  Karena itulah budidaya cabe jawa masih menjanjikan karena menjadi bahan baku obat-obatan.

Budidaya cabe jawa dimulai dengan persiapan benih, persiapan tanaman penegak, pembuatan lubang tanam, penanaman, pemeliharaan dan panen.  BPTP Lampung melalui kegiatan visitor plot telah membudidayakan cabe jawa pada lahan 2000 m2 dengan jumlah populasi 252 batang.  Penanaman dilakukan pada Bulan Mei 2020 di lahan kebun IP2TP Natar.  Saat ini tanaman cabe jawa telah berusia 4 bulan dan sebagian besar telah merambat ke tanaman penegak.  

Pada usia 4-5 bulan sejak penanaman, salah satu pemeliharaan yang paling utama dilakukan selain pemupukan yakni pemangkasan.  Pemangkasan dilakukan setelah pemupukan pertama setelah tanam.  Pemangkasan pertama pada tanaman cabe jawa saat sulur panjatnya telah merambat ke tanaman penegak setinggi 50 cm.  Sulur panjat tanaman cabe jawa dipangkas pada ruas ke-2 dari pucuk tanaman.  Pemangkasan menggunakan pisau tajam yang steril dengan membuat potongan miring 1 cm diatas buku sulur panjat.  Tujuan pemangkasan yakni untuk merangsang munculnya sulur panjat baru yang lebih banyak pada setiap buku di bawah luka pangkasan.  Munculnya sulur panjat yang lebih banyak ini akan membentuk tajuk tanaman cabe jawa lebih rimbun mulai dari bawah.  

Pada saat pemangkasan sebaiknya sekaligus dilakukan perompesan terhadap buah yang terbentuk.  Hal ini dilakukan untuk memacu pertumbuhan vegetatif tanaman.  Cabe jawa merupakan tanaman yang cepat sekali berbuah.  Pada usia pertanaman 3 bulan tanaman cabe jawa sudah mengeluarkan bunga dan bakal buah.  Terjadinya pembuahan terlalu dini menyebabkan pertumbuhan vegetatif terhambat dan tajuk tanaman tidak cepat rimbun.