Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
negara
upbs
katam
Varietas
bankpadi
e-Produk
phsl

Kalender Kegiatan

Berita
Pelatihan Pendampingan PTT Padi Lamsel PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Sabtu, 31 Mei 2014 13:39

Pelatihan Pendampingan PTT Padi  Kabupaten Lampung Selatan Pelatihan diikuti oleh 50 orang peserta terdiri penyuluh dan petani. Acara dibuka oleh Ka. BP4K Kabupaten Lampung Selatan dan Kabid Pengembanngan Kelembagaan BP4K Lamsel  Ibu Inayah.

Pelatihan SLPTT Padi ini diisi pemateri P Lampung adalah Dr. Ir. Yulia Pujiharti, M.Si dan Dra. Nina Mulyanti. Dr. Ir. Yulia Pujiharti, M.Si memberikan materi tentang Budidaya tanaman padi Spesifik Lokasi.

Dalam pelatihan dilakukan Praktek penggunaan PUTS dan praktek penggunaan.  Untuk mendapatkan pemupukan spesifik lokasi berikan juga penggunaan pupuk dengan katam dan PHSL.  Praktek PHSL  dilakukan secara one line sehingga peserta dapat mencobanya  secara langsung.

Pada pelatihan ini dilakukan juga pre test dan post test pada peserta. Pre test dilakukan sebelum pelatihan dimulai sedangkan pos test dilakukan sesudah pelatihan selesai dimulai.

 
Pelatihan SLPTT Jagung Kabupaten Tanggamus PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Jumat, 16 Mei 2014 08:09

slptt jagung pesawaranPelatihan SLPTT Jagung Kabupaten Tanggamus dilaksanakan di Aula BP4K Kab. Tanggamus pada 13 Mei 2014.  Acara diikuti oleh 50 orang peserta terdiri penyuluh dan petani.  Acara dibuka langsung oleh Kepala BP4K Kab. Tanggamus.

Pelatihan SLPTT Jagung ini sebagai pemateri ini adalah Dr. Ir. Yulia Pujiharti, M.Si dan Ir. Junita Barus, M.Si.   Dr. Ir. Yulia Pujiharti, M.Si memberikan materi tentang Budidaya tanaman Jagung Spesifik Lokasi sedangkan Ir. Junita Barus, M.Si memberikan materi tentang pemupukan Jagung spesifik lokasi.  Untuk pemupukan dilakukan praktek penentuan dosis pemupukan jagung spesifik lokasi dengan menggunakan BWD dan PUTK.

Pre test dilakukan sebelum pelatihan dimulai sedangkan pos test dilakukan sesudah pelatihan selesai dimulai.   Data pre dan post test dianalisis untuk mengukur besar perubahan pengetahuan peserta dengan adanya pelatihan ini.

LAST_UPDATED2
 
BPTP Lampung : sebagai Mandat Penelitian Perkebunan Rakyat PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Jumat, 09 Mei 2014 17:00

kepala badan litbang lampungLampung (9/5)– Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Haryono melakukan kunjungan kerja ke provinsi Lampung.  Beliau melakukan kunjungan ke BPTP Lampung dan memberikan arahan kepada seluruh karyawan-karyawati.  Kepala BPTP Lampung Prof. Dr. Ir. Risfaheri, M.Si menyambut kedatangan Ka Badan Litbang Pertanian dan  mengenalkan kegiatan dan pengembangan kebun Percobaan di BPTP Lampung.

Kepala Badan Litbang Pertanian  berharap ada perubahan baru di BPTP  terkait mandat Badan Litbang Pertanian di Perkebunan. Tanaman Sawit, karet, kopi, kakao, teh, pisang, tebu dilakukan penelitian oleh balai-balai di Puslitbangbun. BPTP Lampung Harus lebih bergerak menghasilkan pengkajian, rekomendasi dan yang penting  juga menghasilkan produk seperti benih, bibit dari hasil penelitian Puslitbangbun, ujar beliau.

Beliau menyampaikan, BPTP harus mengelola bidang perkebunan LRPE komoditas Sawit, Karet, Kopi, Kakao, Tebu, dan Kina. Data menunjukan 2,3 juta ha Sawit Rakyat di Indonesia menjadi mandat bagi BPTP untuk mendampingi Teknologi perkebunan rakyat.

Ka Badan Mengharapkan BPTP Lampung, Bengkulu dan Sumsel menjadi leader BPTP dalam penelitian dan pengkajian di perkebunan. Diharapkan juga BPTP bisa berkontribusi dalam penyiapan bibit perkebunan yang bermutu.

LAST_UPDATED2
 
BPTP Lampung Dukung Pendidikan Pertanian Anak Sejak Dini PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Rabu, 30 April 2014 09:07

Kunjungan ke KP Natar dilakukan oleh Guru dan Anak TK dari PAUD IT Qurrota A'yun. Dalam acara ini ada banyak anak TK dan Guru-guru melakukan kunjungan untuk menambah  kecintaan anak-anak  sejak dini kepada pertanian, Oleh karena itu BPTP Lampung sangat mendukung pengenalan pertanian kepada anak sejak dini.

Hadir dalam kunjungan tersebut Kasie KSPP BPTP Lampung Agung Lasmono, SP, Kepala KP Natar Sumarko, dan Staf KSPP Gohan Octora Manurung, SP.  Kunjungan ini dilakukan selama 3 hari .

Anak-anak diajak melihat koleksi tanaman lada, vanili, kopi, sayuran, tanaman toga yang menjadi visitor plot BPTP Lampung.  Fasilitas mesin dan alat pertanian juga dikenalkan kepada anak-anak untuk memupuk kecintaannya pada penggunaan teknologi pertanian.

Dalam penutupan Kepala sekolah PAUD IT Qurrota A'yun Bandar Lampung mengucapkan terimakasih atas dukungan BPTP Lampung meningkatkan Pendidikan Pertanian anak sejak dini.  Beliau berharap kegiatan ini akan terus dilakukan pada masa yang akan datang.

LAST_UPDATED2
 
Tebar Benih Ikan Saat Resmikan di Kolam KP Natar PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan, O.M.   
Rabu, 23 April 2014 16:04

Kepala BPTP Lampung Melakukan penebaran benih ikan Nila sebanyak 1500 ekor ke kolam Kebun Percobaan Natar.  Kolam ini telah selesai dibangun dan siap dipergunakan untuk pemeliharan Ikan di Kebun Percobaan Natar.

Kolam ikan ini dibangun di Kebun Percobaan dekat Lahan Rawa sehingga  akan memiliki kesedian air yang cukup sepanjang tahun.

Kepala BPTP Lampung melepas benih secara simbolis yang dihadiri oleh Guru dan Anak TK dari PAUD IT Qurrota A'yun  beserta seluruh karyawan KP Natar.  Dalam acara ini ada banyak anak TK dan Guru-guru dilibatkan untuk menambah kecintaan anak-anak kepada pertanian.

Dengan semakin berkembangnya fasilitas dan kelengkapan di Kebun Percobaan Natar maka akan mendukung Penelitian BPTP Lampung dan Perkembangan Pertanian di Lampung.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com