Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
pustaka111
Varietas
upbs
phsl
bankpadi
e-Produk
negara

Kalender Kegiatan

Berita
Gerakan Tanam dan Irigasi di Provinsi Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Jumat, 13 Februari 2015 13:41

mentan budidaya padi lampungKunjungan kerja Menteri Pertanian RI Amram Sulaiman ke Lampung dalam rangka mendukung Upaya khusus ( Upsus) peningkatan produksi padi Provinsi Lampung di laksanakan di Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus (12/2). Lampung sendiri mendapat target peningkatan produksi padi pada tahun 2015 sebesar 1 juta ton GKG.

Salah satu kegiatan menteri melakukan praktek penanaman padi dengan transplater. Praktek tanam dilaksanakan di Desa Pulau Panggung Kecamatan Pulau Panggung dan disaksikan oleh poktan-poktan yg mewakili masing-masing kabupaten kota Provinsi Lampung. Praktek juga disaksikan oleh hampir seluruh SKPD terkait pertanian di kabupaten kota se-Provinsi Lampung.

Praktek dilakukan secara bersama dengan Gubernur Provinsi Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan Bupati Kabupaten Tanggamus Bambang Kurniawan. Mesin Transplanter yang digunakan yaitu Jarwo Transplanter, Yanmar, dan Alpuz.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Lampung mendiseminasikan mesin tanam jarwo transplanter 2:1 dalam gerakan penananam ini. Praktek penanaman menggunakan mesin tanam dari berbagai pabrikan, salah satunya adalah jarwo transplanter yang dikembangkan oleh Badan Litbang Kementerian Pertanian RI. Mesin tanam jarwo transplanter 2:1 di produksi masal oleh CV. Lambang Jaya untuk wilayah Provinsi Lampung.

Rata-rata peningkatan produktivitas yang dicapai dengan penerapan jajar legowo adalah sebesar 20,57% dibanding dengan metode Tegel. Alat jarwo transplanter ini dirancang untuk mampu menanam padi jajar legowo 2:1.

Setelah praktek transplanter dilanjutkan dgn Peletakan batu 1 pembuatan jaringan tersier untuk Gapoktan Sido Rukun. Jaringan diperkirakan akan mengairi sekitar 200 ha sawah yang ada disekitarnya.

Acara menteri dilanjutkan dengan penyerahan Alsintan berupa 254 hand tractor dan 67 pompa air secara simbolis untuk seluruh petani pelaksana program Upsus di provinsi Lampung.

LAST_UPDATED2
 
Pakta Integritas Pencapaian Sasaran Peningkatan Produksi Padi Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Senin, 09 Februari 2015 07:52

pertanian lampungDalam rangka pencapaian sasaran peningkatan produksi padi di provinsi Lampung dilakukan Pakta Integritas  antara dinas pertanian di seluruh kabupaten di provinsi lampung dengan Dandim yang dihadiri langsung oleh Gubernur lampung Bpk. Ridho Ficardo, Dirjen Tanaman Pangan, Danrem, Dinas Pertanain Provinsi  Lampung (6/2).

Pakta integritas ini ditandatangani oleh Komandan Kodim dengan dinas Pertanian kabupaten dalam pencapaian sasaran peningkatan produksi di wilayahnya.

Dalam sambutannya  Gubernur Lampung menyampaikan hal yang diperhatikan dalam peningkatan produsi padi ini berupa Perbaikan Sarana Irigasi, Serangan OPT, Ketersediaan Pupuk,  ketersedian benih bermutu dan pendataan hasil sampling produksi.   Provinsi Lampung tahun 2015 ini mendapat amanat untuk peningkatan produksi 1 Juta ton GKP.

Dalam acara ini BPTP Lampung merupakan salah satu bagian kementerian pertanian ikut serta dalam pendampingan teknologi dalam melakukan pendampingan peningkatan produksi padi di Lampung.  BPTP Lampung dalam rombongan Kementerian Pertanian mengikuti proses Pembuatan Pakta Integritas ini dalam pembangunan Pertanian di Provinsi Lampung.

LAST_UPDATED2
 
Irigasi Titik Simpul Peningkatan Pertanian PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Jumat, 30 Januari 2015 15:34

BPTP Lampung melakukan pendampingan upaya Khusus (Upsus) yang merupakan program kerja  Kementerian Pertanian RI.  Bapak Sekretaris Dirjen TAnaman Pangan Bpk. Sputnik Sujono memantau kegiatan upsus di Kabupaten Pringsewu.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa titik simpul peningkatan pertanian yaitu irigasi, pupuk, benih, alsin dsan regulasi.  TNI dalam hal ini babinsa ditingkat desa juga ikut dilibatkan dalam pembangunan pertanian.

BPTP Lampung melakukan pendampingan pendampingan teknologi  kegiatan Upaya Khusus (Upsus)  di provinsi Lampung salahsatunya di Kabupaten Pringsewu.

BPTP Lampung bersama dengan dinas pertanian, Dirjen Tanaman pangan   melakukan pertemuan perencanaan waktu penanaman padi, jagung, kedelai  di kabupaten Pringsewu.

LAST_UPDATED2
 
Lampung Canangkan Gerakan Perbaikan Irigasi PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Kamis, 22 Januari 2015 10:41

budidaya padi irigasiKementerian Pertaniaan mencanangkan untuk mempercepat pencapaian swasembada pangan. Hasil koordinasi antara Kementriaan Pertaniaan dan beberapa gubernur, yaitu Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung dan Sulawesi Selatan, berkomitmen meningkatkan tambahan produksi padi pada 2015 sebesar 11,25 juta ton dari realisasi 2014.

“Lampung sebagai salah satu daerah yang berpotensi tinggi untuk produksi padi ditantang untuk menambah produksinya sebesar 1 juta ton, “kata Kepala BPTP Lampung Dr. Ir. A. Arivin Rivaie, M.Sc.

Tindak lanjut upaya percepatan tersebut, pada Selasa (20/1), bupati, Kepala Dinas Pertanian Provinsi, Kepala Dinas Pertaniaan Kabupaten/Kota, dan Komandan Kodim di wilayah masing-masing diharapkan oleh Mentan melakukan pencanangan gerakan perbaikan irigasi melalui peletakan batu pertama secara serentak di seluruh Indonesia.

Pencanangan gerakan perbaikan irigasi Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung misalnya, dilakukan Selasa (20/1) , pukul 10.00 WIB diareal Kelompok Tani Bumi Makmur Desa Sriwedari  Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

Pencanangan dihadiri Dandim Lampung Selatan, Tim UPSUS Pusat (Ditjen Tanaman Pangan dan BPTP Lampung), BP4K Pesawaran, Dinas Pengairan, BPS, Camat, Ketua Gapoktan, tokoh masyarakat, dan petani setempat. (UNI/D1)

Sumber : lampung post

LAST_UPDATED2
 
Workshop Konsolidassi Laporan Keuangan UAPPA/B Wilayah Provinsi Lampung PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Gohan O.M.   
Selasa, 20 Januari 2015 11:09

Dalam rangka memenuhi Undang - Undang Nomor. 17 Tahun 2003 dan Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2012 yang menugaskan Kementerian/Lembaga untuk menyusun Laporan Keuangan dan Barang yang dikelolanya.

BPTP Lampung sebagai sekretariat UAPPA/B wilayah provinsi Lampung menyelenggarakan Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Semester II T.A 2014.

Hadir dalam pembukaan ini perwakilan Kepala Dinas/Badan/UPT Vertikal di Provinsi Lampung, Kepala Sekretariat UAPPA/B-W (Kepala BPTP) Provinsi Lampung, Narasumber Kanwil DJKN, DJPB, KPKNL, KPKN Propinsi Lampung, Verifikator SAK dan SIMAK BMN Tingkat Pusat maupun daerah, Tim Reviu dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian, Panitia Pusat dan Daerah,  Operator SAK dan SIMAK BMN Satker lingkup Kementerian Pertanian Provinsi Lampung.

Workshop ini dilaksanakan di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Prov. Lampung, Jl. Soekarno Hatta No. 7 Bandar  Lampung pada tanggal 19 – 23 Januari 2015

Sekretaris Badan Litbang Kementerian  Pertanian yang diwakili Kepala BPTP Lampung menyampaikan bahwa Dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan Kementerian Pertanian Tahun 2014 dari opini “Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Perbaikan Pendapatan (WTP DPP) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian”.

Hal ini sesuai dengan kontrak kerja antara Menteri Pertanian RI dengan Presiden RI bahwa Kementerian Pertanian harus mendapat opini WTP dari BPK-RI atas Laporan Keuangan Tahun 2014.  Maka workshop kali ini bertema “Mempertahankan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Tahun 2014 Dengan Kualitas Terbaik”

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com