JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Yuk Kenali Perbedaan Serai Wangi dengan Serai Dapur

Yuk Kenali Perbedaan Serai Wangi dengan Serai Dapur

Oleh

Arfi Irawati

 

Serai, secara umum adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat, memiliki nilai  agribisnis sebagai tanaman yang berpotensi untuk dikembangkan karena diperlukan dalam dunia industri kecantikan, kesehatan dan kuliner.

Secara khusus, serai dibedakan menjadi Serai wangi (Cymbopogon nardus) dan Serai Dapur (Cymbopogon citrates). Keduanya memiliki perbedaan yang khas yaitu bentuk daun, bentuk batang, warna batang, aroma, kandungan zat bermanfaat, dan manfaatnya.

Penelusuran pustaka info perkebunan Puslitbangbun mencatat bahwa pada tahun 2015  Badan Litbang Pertanian telah melepas varietas unggul baru serai wangi (Andropogon nardus L.) dengan nama Sitrona 1 Agribun dan Sitrona 2 Agribun merupakan salah satu penghasil minyak atsiri penting di Indonesia.

Komponen kimia dalam serai wangi cukup komplek namun komponen yang terpenting adalah citronellal dan geraniol, keduanya menentukan intensitas bau, harum, dan nilai harga minyak serai wangi.  

 

Bentuk dan Panjang daun

Daun serai wangi berbentuk pipih melengkung dan memanjang seperti rumput-rumputan dengan lebar pada kisaran 1 cm hingga 2 cm. Serai wangi memiliki panjang daun yang dapat mencapai 90-100 cm.

Daun serai dapur cenderung berbentuk tegak meskipun kadang terdapat lengkung di bagian ujungnya. Serai bumbu dapur memiliki panjang daun pada kisaran 60 cm.

 

Bentuk dan Warna batang

Serai wangi memiliki bentuk batang yang lebih ramping dengan warna batang yang kemerahan/cenderung ungu dan sering disebut serai merah.

Serai bumbu dapur memiliki bentuk pangkal batang lebih besar dan berisi, warna batangnya kehijauan, dengan warna putih di bagian pangkal batangnya.

 

Aroma

Serai wangi memiliki aroma yang lebih segar seperti minyak tawon atau minyak telon. Sedangkan aroma serai dapur tidak terlalu tajam, sehingga lebih cocok digunakan sebagai bumbu masakan.

 

Kandungan zat bermanfaat

Serai wangi mengandung minyak atsiri yang dibutuhkan untuk industri kesehatan dan kecantikan.

Serai dapur mengandung sitral yang dapat memberikan aroma harum pada masakan.

 

Foto: Tri Kusnanto dan Ely Novriyanti -TSP Natar

Sumber: Balitro, Puslitbangbun dan Sumber Lain