JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Mengenal Tanaman Ceri Vietnam

Mengenal Tanaman Ceri Vietnam

Oleh: Betty Mailina

Buah mungil dengan cita rasa manis asam ini banyak digunakan untuk mempermanis hidangan, baik kue maupun minuman. Tidak hanya sebagai hiasan, penambahan ceri ke dalam makanan atau minuman juga memberi kombinasi rasa yang nikmat. Ada berbagai jenis ceri, mulai dari beach cherry, barbados cherry, sampai ceri vietnam. Termasuk dalam kategori ceri manis (Prunus avium), Ceri Vietnam merupakan turunan dari barbados cherry dengan banyak keunggulan dibandingkan jenis lainnya.  Selain rasanya lebih manis, tanaman ceri vietnam tidak berduri. Bunganya cantik berwarna merah jambu seperti sakura. Cocok jika ditanam di dalam pot untuk menghias rumah, tidak hanya indah dipandang, tetapi juga banyak manfaatnya.

 

Karakter, syarat tumbuh dan langkah-langkah penanaman Ceri Vietnam

  1. Ceri termasuk dalam kategori tanaman perdu yang tumbuhnya tidak terlalu tinggi (1 – 3 m) dan sangat rimbun. Jenis Ceri Vietnam ini lebih sesuai dengan iklim Indonesia. Kebutuhan akan sinar matahari sepanjang hari, namun sebaiknya tidak langsung, curah hujan yang dibutuhkan sedang. Bersifat genjah, artinya rajin berbuah. Daunnya lebih tebal dan lonjong serta tangkainya tidak berduri.
  2. Ceri vietnam dapat diperbanyak melalui biji dan cangkok.  Kebanyakan bibit diperoleh dari cangkok. Perbanyakan dengan cangkok memiliki keuntungan lebih. Selain karakter tanaman baru akan lebih menyerupai induknya, tanaman ceri yang diperoleh dari sistem perbanyakan ini akan lebih cepat berbuah. Ceri Vietnam yang diperbanyak dari biji baru akan berbuah sekitar 3 tahun, sedangkan sistem cangkok, ditambah kondisi lingkungan tempat tumbuhnya yang mendukung, Ceri Vietnam sudah akan berbuah 1 – 2 tahun setelah penanaman.
  3. Jika menanam di dalam pot, gunakan pot yang berukuran agak besar, diameternya antara 50 – 60 cm. Tujuannya agar perakaran Ceri Vietnam lebih leluasa tumbuh. Pastikan pot yang pilih memiliki sistem drainase yang baik. Tempatkan pecahan genting/batu bata atau kerikil di dasar pot untuk menciptakan ruang antara tanah dengan dasar pot sehingga air yang berlebih dapat mengalir keluar dengan baik. Isi pot dengan campuran tanah gembur dan kompos hingga 2/3 bagian.  Lepas polybag bibit dengan hati-hati, lalu letakkan bibit tegak lurus di tengah pot. Timbun kembali dengan sisa campuran tanah dan padatkan. Sirami dengan air secukupnya. Letakkan pot di tempat yang teduh.

Perawatan dan pemeliharaan

  1. Sirami tanaman ceri vietnam Anda 1 kali sehari atau disesuaikan dengan kondisi cuaca. Apabila tanah terlihat sangat kering, tambahkan frekuensi penyiraman. Tetapi apabila curah hujan sangat tinggi, penyiraman tidak diperlukan. Justru tanaman ceri vietnam Anda sangat memerlukan tambahan naungan pada saat seperti ini, terutama ketika mulai berbunga. Curah hujan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan bunga gugur sebelum sempat dibuahi.
  2. Bersihkan gulma secara teratur agar tidak menjadi inang tempat tumbuhnya berbagai macam hama dan penyakit.
  3. Agar tanaman tumbuh subur dan sehat, juga cepat berbuah, berikan tambahan nutrisi berupa pemupukan. Berikan NPK daun di masa awal pertumbuhan setidaknya 3 bulan sekali. Ketika menjelang waktu berbunga dan berbuah, berikan pupuk NPK buah satu bulan sekali. Dosis pemberian sesuaikan dengan petunjuk pemakaian.
  4. Hama yang biasanya menyerang tanaman ceri meliputi berbagai jenis kutu, tungau, ulat, dan wereng. Gunakan cara-cara alami dalam memberantasnya, seperti melalui langkah penyiangan, pemangkasan, dan pemberian pestisida alami atau organik.
  5. Penyakit yang menyerang berasal dari berbagai jenis jamur yang disebarkan oleh hama-hama vektor. Atasi dengan memberantas vektor penyebaran penyakit dan pemberian fungisida alami/hayati.

Panen

Buah ceri vietnam yang masih muda berwarna merah semburat jingga. Apabila sudah matang warnanya menjadi merah merona, siap untuk di panen. Bentuknya bulat kecil, mirip bentuk hati. Tangkainya panjang. Pemanenan dilakukan dengan menggunakan tangan atau gunting buah

Khasiat buah Ceri Vietnam

Ceri Vietnam memiliki kandungan zat antioksidan, antosianin, vitamin A, vitamin C, dan mineral (zat besi, kalsium, magnesium). Kandungan-kandungan tersebut menyebabkan buah Ceri Vietnam bermanfaat bagi kesehatan, antara lain mencegah penuaan dini, menambah kekuatan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan mengatasi asam urat.