JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

MENGENAL JERUK NAGAMI (KUMQUAT NAGAMI)

 

MENGENAL JERUK NAGAMI (KUMQUAT NAGAMI)

Oleh: Betty Mailina

 

Jeruk Nagami Kumquat termasuk jenis pohon buah kecil dari famili Rutaceae. Merupakan tanaman perdu yang selalu hijau meskipun di musim dingin dan lambat tumbuh.  Banyak disukai sebagai tanaman bonsai karena cenderung kerdil. Tinggi maksimalnya hanya antara 2,5 – 4,5 m. Tajuknya simetris, daunnya lebat seperti kebanyakan daun jeruk. Ranting berwarna hijau muda, bersudut ketika muda, cabangnya berduri sedikit, dan tahan dingin. Karakternya genjah, rajin berbuah. Satu pohon dapat menghasilkan ribuan buah.

Daun kumquat nagami berwarna hijau gelap mengkilap. Panjang daun 3 – 5 cm, lebarnya 2 – 3 cm. Bentuk daun mirip dengan daun jeruk. Mengandung minyak atsiri. Kumquat termasuk keluarga tanaman berbunga. Bunganya berwarna putih, juga sekilas mirip dengan bunga jeruk. Bunga keluar di ujung ranting secara individu ataupun dalam cluster.

Buah kumquat nagami berbentuk oval lonjong, ukurannya kecil sekitar 1,6 – 4 cm, kira-kira seukuran buah zaitun. Ketika masih muda warnanya hijau. Setelah matang warnanya jingga keemasan menyerupai jeruk, sangat kontras dengan warna daunnya yang gelap. Warna yang kontras inilah yang membuat tanaman ini banyak disukai sebagai tanaman hias yang ditanam dalam pot. Kulitnya agak tebal dibandingkan ukuran buah, permukaannya halus.  Aromanya manis tajam, menempel kuat pada daging buah. Kulit buah jeruk nagami ini bisa dimakan dan merupakan salah satu keunikan jeruk nagami.

 

Sumber : dari berbagai sumber

Sumber gambar : Betty Mailina