JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

MENANAM STROBERI DI DALAM POT

MENANAM STROBERI DI DALAM POT

Oleh

Betty Mailina

Stroberi adalah buah yang berada dalam keluarga Rosaceae merupakan sumber vitamin C dan flavonoid yang baik. Menanam stroberi di dalam pot termasuk upaya pemanfaatan lahan pekarangan dan dapat menambah nilai keindahan. Berikut beberapa tips budidaya stroberi di dalam pot:

  1. Perbenihan

Benih stroberi bisa dibeli di toko tanaman. Jika sudah memiliki tanamannya, bisa melakukan perbanyakan secara vegetatif (anakan, stolon atau akar sulur) sebagai cikal bakal tanaman.

  1. Media Tanam

Media tanam terdiri dari susunan tanah dan pupuk kompos atau kandang dengan perbandingan 1:1.  Buatlah lubang dan tanam benih atau batang stroberi ke dalamnya.

  1. Pemeliharaan

Benih akan lebih cepat tumbuh jika kebutuhan airnya selalu terpenuhi dengan baik, lakukan penyiraman 2x sehari.  Setelah dua bulan beri pupuk organik secara rutin. Pastikan tidak ada hama yang menempel pada tanaman.  Untuk mencegahnya, bisa diaplikasikan biopestisida.

  1. Panen

Buah pertama bisa dipanen setelah 2,5 bulan. Setelah tanaman berumur 4 bulan, bunga dibiarkan tumbuh menjadi buah. Periode pembungaan dan pembuahan dapat berlangsung selama 2 tahun tanpa henti. Ciri-ciri stroberi yang sudah bisa dipanen adalah daging buah yang terasa kenyal dan empuk saat dipegang, rasa buah sedikit asam jika digigit, kulit buahnya berwarna merah gelap, dan tangkai berwarna agak cokelat kekuningan.

Sumber: Balitjestro