JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

MENANAM BAWANG MERAH DI DALAM POLYBAG

MENANAM BAWANG MERAH DI DALAM POLYBAG

Oleh

 Betty Mailina

Bawang merah (Allium ascalonicum) merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat dan bernilai ekonomis tinggi, sangat kaya akan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti serat, vitamin C, kalium dan juga asam folat. Bagi ibu-ibu yang ingin bertanam bawang merah namun tidak memiliki lahan pekarangan yang luas budidaya bawang merah dalam polybag dapat dilakukan, sehingga dapat memenuhi keperluan sehari-hari keluarga. Berikut beberapa tips dalam menanam bawang merah di dalam polybag:

  1. Siapkan beberapa polybag berukuran sekitar 30 cm x 30 cm atau 35 x 35 cm. Media tanam yang diperlukan yaitu: tanah gembur, arang sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
  2. Pilih umbi bawang merah terbaik yang sehat dan bagus, gunakan 4-5 umbi bawang merah untuk ditanam dalam setiap polybag.
  3. Lakukan pemotongan ujung umbi apabila benih bawang merah belum siap untuk ditanam (1/3 bagian). Tujuan pemotongan umbi benih adalah untuk mempercepat pertumbuhan tunas umbi benih.
  4. Tanam umbi-umbi tersebut sampai bagian ujung yang dipotong dengan jarak tanam   sekitar 5 cm antar umbinya.
  5. Penyiraman tanaman dilakukan secukupnya. Tanaman bawang merah tidak boleh mengalami kekeringan karena tanaman akan mati, dan juga tidak bisa hidup dalam genangan air.
  6. Pengendalian OPT dan gulma dilakukan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman, dan jika ada salah satu tanaman yang busuk, harus segera dibuang agar tidak menular ke tanaman lainnya.
  7. Bawang merah dapat dipanen setelah berusia 2-3 bulan tergantung varietas.  Beberapa  ciri  fisik tanaman  bawang  merah  yang  siap dipanen (Musaddad & Sinaga, 1995) adalah daun tanaman sudah agak kuning (>70%), pangkal daun tanaman sudah lemas atau kempes, umbi bawang sudah muncul jelas di permukaan dan berwarna merah, dan sebagian besar  tanaman sudah rebah.