JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

MANFAAT LIDAH BUAYA

MANFAAT LIDAH BUAYA

 Oleh: Betty Mailina

 

Lidah buaya atau yang dikenal dengan nama ilmiahnya Aloe vera merupakan salah satu tanaman yang cukup banyak ditemui di wilayah Indonesia.  Lidah buaya mudah dibudidayakan, sangat cocok ditanam di pot untuk mempercantik teras rumah, selain itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Karena itulah, lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan alami dalam industri kosmetik dan farmasi.

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki berbagai kandungan nutrisi yang membuat manfaat lidah buaya ini begitu banyak manfaat bagi kesehatan dan perawatan kulit. Kandungan nutrisi lidah buaya antara lain:

  1. Enzim

Pada lidah buaya mengandung 8 enzim penting yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain yakni selulase, katalase, alkaline phosphatase, bradykinase, amylase, carboxy peptidase, aliase, peroksidase dan lipase. Enzim bradykinase ini diyakini dapat mengurangi peradangan ketika diterapkan pada kulit topikal. Adapun enzim lain dapat membantu tubuh dalam pemecahan lemak dan gula.

  1. Vitamin

Aloe vera juga mengandung beberapa vitamin yang baik bagi tubuh, antara lain vitamin C, vitamin E dan vitamin A yang berbentuk beta-karoten. Ketiga jenis vitamin tersebut merupakan vitamin antioksidan bagi tubuh. Vitamin C sendiri penting dalam proses pembentukan zat besi, pendukung sistem kekebalan, dan menjaga kesehatan gigi dan tulang. Lebih lanjut, vitamin lain yang terkandung dalam lidah buaya yakni asam folat (B9), B12, dan kolin.

  1. Mineral

Selain mengandung vitamin, tanaman Aloe vera juga mengandung beragam mineral di antaranya, selenium, kalsium, magnesium, kalium, natrium, mangan, seng, tembaga dan kromium. Mineral tersebut berperan penting untuk mengelola sistem enzim pada aliran metabolisme tubuh untuk menjadi antioksidan.

  1. Antrakuinon

Lidah buaya memiliki kandungan antrakuinon, di mana antrakuinon ini merupakan senyawa fenolik yang sering dikenal juga sebagai obat pencahar. Tak heran jika aloe vera memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

  1. Asam amino

Lidah buaya juga mengandung 7 asam amino esensial dan 20 jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Tanaman ini juga memiliki kandungan asam salisilat yang bersifat anti inflamasi dan juga antibakteri.

Manfaat Lidah Buaya

  1. Memperlambat Penuaan Kulit

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit adalah dapat memperlambat penuaan. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita di atas 45 tahun menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Penggunaan gel lidah buaya selama 90 hari ditemukan meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit.

  1. Mengatasi jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya adalah mampu mengatasi jerawat. Lidah buaya memiliki sifat antibakterial sehingga dapat mencegah bakteri menginfeksi pori-pori kulit. Lidah buaya juga membantu membuang kotoran dan kelebihan minyak dari kulit. Bagi  yang sudah berjerawat, pemakaian lidah buaya membantu regenerasi kulit sehingga mencegah munculnya bekas luka.

  1. Meredakan GERD

Gastroesophageal reflux (GERD) merupakan gangguan pencernaan yang sering mengakibatkan mual, muntah, atau rasa terbakar pada ulu hati. Sebuah penelitian tahun 2010 menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 hingga 3 ons gel lidah buaya pada waktu makan dapat mengurangi derajat keparahan GERD. Hal ini juga dapat meredakan masalah terkait pencernaan lainnya karena dianggap aman dan lembut untuk sistem pencernaan.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Dikutip dari sebuah penelitian yang dimuat di International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menyebabkan kadar gula darah turun pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa lidah buaya bisa menjadi pilihan pengobatan diabetes di masa yang akan datang.

  1. Melancarkan pencernaan

Walaupun kebanyakan manfaat lidah buaya didapatkan dari gel atau cairan yang terkandung dalam tanaman ini, masih ada bagian lainnya yang berkhasiat. Lateks (residu berwarna kuning dan lengket yang bisa ditemukan di bawah area terluar daun lidah buaya) diketahui dapat membantu mengatasi konstipasi. Hal ini disebabkan kandungan aloin atau barbaloin di dalamnya, yang memiliki efek pencahar alami.

 

Sumber: dari berbagai sumber.