JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

PROSESING KOPI ROBUSTA MELALUI BEBERAPA METODE

PROSESING KOPI ROBUSTA MELALUI BEBERAPA METODE

Oleh

Dra. Alvi Yani, MSi

Peneliti Ahli Madya  BPTP Lampung

 

Kopi Robusta berasal dari kata ‘Robust’ yang artinya kuat, sesuai dengan gambaran postur (body) atau tingkat kekentalannya yang kuat. Kopi Robusta dapat tumbuh di dataran rendah dengan suhu optimal bagi perkembangan kopi Robusta berkisar 24-30oC dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahun pada ketinggian 400-800 mdpl, sangat cocok ditanam di daerah tropis yang basah. Dengan budidaya intensif akan mulai berbuah pada umur 2,5 tahun. Tanaman ini akan berbuah dengan baik dalam waktu 3-4 bulan dalam setahun dengan beberapa  kali turun hujan. Buah kopi Robusta (Coffea canephora L.) yang masih muda berwarna hijau kemudian setelah masak berubah menjadi merah (Putri, 2014).

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari banyak orang. Kopi dikenal hampir di seluruh belahan dunia. Berbeda dengan minuman lainnya, penikmat kopi biasanya memiliki selera tersendiri pada jenis kopi. Ciri khas dan keunikan dari rasa kopi yang sesuai dengan selera masing-masing membuat banyak orang menjadi selektif terhadap jenis kopi.

Banyak kedai kopi atau kafe yang menyediakan menu minuman kopi dengan beragam jenisnya. Bukan hanya jenis kopi yang menjadi daya tariknya, tetapi daerah asal penghasil kopi juga menjadi pertimbangan ketika orang hendak menikmati kopi. Para penikmat kopi bisa membedakan karakteristik kopi yang dihasilkan dari satu daerah dengan daerah lainnya. Kopi dari setiap daerah memiliki ciri khas rasa dan tekstur yang berbeda-beda walaupun dihasilkan dari jenis tanaman kopi yang sama.

Kopi yang paling banyak diproduksi oleh petani adalah jenis kopi arabika dan kopi robusta. Kopi arabika menghasilkan jenis kopi yang terbaik, tanaman kopi ini tumbuh di daerah dataran tinggi. Jenis kopi arabika menjadi buruan banyak orang, sehingga kopi arabika memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari kopi robusta. Sementara kopi robusta banyak ditanam oleh petani di daerah dataran rendah. Kualitas kopi robusta yang tidak sebaik kopi arabika, menjadikan kopi ini biasanya digunakan sebagai kopi instan atau cepat saji dalam kemasan.

Proses Pasca Panen adalah  proses yang dilakukan untuk mengubah buah kopi setelah dipetik menjadi beras kopi (green bean). Secara umum proses pasca panen terbagi menjadi tiga; yaitu proses basah, proses madu, dan proses kering. Selain ketiga proses tersebut masih ada lagi beberapa varian, namun sebetulnya hanyalah turunan dari ketiganya.

  1. Proses Kering / Natural

Proses ini merupakan proses yang paling tua dan nampak paling sederhana dalam konteks proses pasca panen kopi. Proses ini merupakan proses pasca panen pertama yang dilakukan oleh para petani kopi di Ethiopia pada awal perkembangan kopi sebagai sebuah komoditi. Dalam proses ini, buah kopi yang telah dipetik langsung dijemur hingga kering (kadar air 11-12%). Setelah buah kopi kering, buah tersebut dikupas dan digiling hingga menjadi beras kopi.  Proses ini akan optimal bila dilakukan di daerah-daerah yang memiliki paparan sinar matahari yang cukup dan konsisten. Durasi penjemuran buah kopi yang optimal pada proses natural berkisar antara 21-28 hari. Lebih dari durasi tersebut, maka karakter fermentasi berlebih (seperti pada kopi wine) akan muncul mendominasi cita rasa.

Pada proses ini baik kulit, daging, maupun lendir kopi tetap melekat pada biji kopi dan pada akhirnya memberikan andil dalam cita rasa biji kopi. Dalam kondisi optimal, tambahan cita rasa dari daging dan lendir buah kopi akan memberikan karakter bebuahan yang kompleks pada cita rasa dan juga aroma kopi. Perlu dipahami juga, cita rasa bebuahan yang meriah pada kopi natural bukan berarti bahwa kopi memiliki keasaman yang tinggi. Justru sebaliknya, proses natural akan memberikan hasil akhir keasaman yang rendah. Selain itu, karena kulit dan daging kopi juga memiliki rantai glukosa, karakter manis pada biji kopi juga akan bertambah. Ciri khas lain dari proses ini adalah tingginya intensitas body pada kopi.

Salah satu kekurangan dari proses ini adalah tidak adanya proses perambangan/perendaman, sehingga sortasi berdasarkan berat jenis kopi tidak terjadi. Akibatnya, biji-biji kopi muda dan kopong tidak tersortir dan mengakibatkan cacat biji pada saat proses sangrai kopi.

  1. Proses Basah / Washed

Proses ini merupakan salah satu proses yang paling umum dilakukan oleh prosesor kopi di seluruh dunia. Dalam proses ini, daging, kulit, serta lendir kopi dibersihkan sejak dini sehingga elemen-elemen tersebut tidak memberikan andil yang cukup berarti pada biji kopi. Proses ini diawali dengan perendaman buah kopi pada air untuk menyortir buah kopi yang berisi dan kopong. Lalu setelah itu dilakukanlah pengupasan kulit dan daging buah kopi (pulping). Proses pengupasan itu dilakukan dengan mengaliri mesin pengupas dengan air untuk membersihkan sisa-sisa kulit dan daging buah. Keluar dari mesin pengupas, gabah kopi basah ditampung dalam tandon berisi air. Setelah tandon penuh, gabah kopi lalu dicuci sekali lagi dengan air mengalir hingga sebagian besar lendirinya hilang. Setelah itu, gabah kopi direndam selama 12-24 jam untuk pembersihan lendir serta fermentasi awal. Sehabis perendaman, gabah kopi dijemur hingga kering (kadar air 12-13%) baru kemudian digiling (hulling) menjadi beras kopi (green bean).

Karena tidak melibatkan elemen kulit, daging, dan lendir kopi selama penjemuran, proses basah bisa dikatakan sebagai proses yang memberikan fokus pada karakter asli pada biji kopi. Sehingga, cita rasa yang muncul sebagian besar berasal dari penyerapan nutrisi alami pada pohon kopi serta faktor lingkungan lainnya selama penanaman. Jika ingin mengetahui detail karakter origin sebuah kopi, maka proses inilah yang paling tepat untuk menggambarkannya. Karakter khas dari proses ini adalah kejelasan cita rasa kopi serta keasaman yang cemerlang. Dibandingkan proses pasca panen lainnya, proses ini memiliki karakter body yang paling rendah namun keasaman yang paling tinggi. Di sisi lain, proses perendaman kopi yang dilakukan pada proses ini akan menghasilkan beras kopi yang lebih minim level cacatnya.

  1.  Proses Madu / Honey / Pulped Natural

Proses madu bisa dikatakan sebagai proses pasca panen favorit prosesor dan penyeduh spesialti. Bila dilakukan dengan optimal maka proses ini bisa mempertahankan karakter dasar biji dan di sisi lain bisa juga menambahkan karakter manis dan kompleks pada biji kopi. Proses pasca panen ini bisa dikatakan sebagai turunan dari proses natural, meskipun ada yang menyatakan bahwa proses ini merupakan perkawinan dari proses basah dan natural. Proses ini diawali dengan pengupasan kulit buah kopi (pulping). Pengupasan ini bisa melibatkan maupun tidak melibatkan air. Gabah yang sudah terkupas kulitnya dan masih berlendir lalu dijemur hingga kering. Nama “madu” sendiri muncul karena pada saat penjemuran, lendir kopi akan berubah menjadi plasma lengket yang menyerupai madu. Banyaknya lendir yang masih menempel pada gabah kopi setelah pengupasan kulit, menentukan karakter akhir dari biji kopi. Intensitas lendir yang juga mempengaruhi durasi penjemuran, menurunkan beberapa sub-varian dari proses madu, yaitu:

-  Madu Kuning (Yellow Honey)

Penamaan Madu Kuning mengacu pada warna gabah kopi pada saat akhir penjemuran. Pada proses ini, lendir yang tersisa hanya berkisar 10-25%. Bila lendir yang tersisa kurang dari 15%, seringkali dipisahkan sebagai proses Madu Putih (White Honey). Karena lendir yang menyelimuti gabah kopi lebih sedikit, masa penjemuran hingga kering pada proses ini memakan waktu yang lebih pendek dibandingkan proses madu lainnya. Umumnya proses ini memakan waktu antara 7-12 hari.

 -  Madu Merah (Red Honey)

Pada proses Madu Merah, lendir yang tersisa pada gabah kopi berkisar antara 25-50%. Pada saat penjemuran akhir warnanya cenderung berwarna merah tua. Durasi penjemuran proses Madu Merah berkisar antara 12-28 hari, tergantung cuaca dan pola penjemuran. Proses madu inilah yang paling umum dilakukan di Indonesia.

 -  Madu Hitam (Black Honey)

Dari segi warna akhir gabah, sesuai dengan namanya, gabah kopi akan berwarna gelap dan cenderung kehitaman. Warna gelap tersebut diturunkan dari tebalnya lendir kopi yang menyelimuti gabah kopi. Proses ini melibatkan 50-75% lendir kopi dari buah kopi sebelum dikupas. Dalam spektrum proses madu, proses inilah yang paling sulit dilakukan karena membutuhkan ketepatan tinggi dalam pengaturan mesin pengupas (hanya mengupas kulit terluar saja). Proses ini membutuhkan durasi penjemuran antara 28-30 hari.

Dari segi cita rasa, proses madu memiliki cita rasa perpaduan antara proses kering dan basah. Makin gelap warna gabahnya (menuju ke proses Madu Hitam), maka cita rasanya akan makin dekat ke karakter kopi natural, begitu juga sebaliknya. Pada kondisi yang optimal, proses madu akan menghasilkan cita rasa yang jelas dan bersih, namun dengan tingkat manis dan kompleksitas yang baik. Di tangan prosesor kopi yang andal, seluruh kebaikan cita rasa asli biji kopi serta optimalisasi cita rasa turunan proses pasca panen dapat dimunculkan dalam satu macam kopi.

Selain ketiga proses tersebut, ada beberapa lagi proses pasca panen yang merupakan derivatif dari proses-proses utama tersebut.

  1. Proses Semi Basah

Proses semi basah merupakan turunan dari proses basah. Secara umum tahapan tiap aktivitas di proses ini mirip dengan proses basah, hanya saja penggunaan air di proses ini lebih sedikit. Pencucian pada proses semi basah hanya dilakukan sekali, yaitu pada saat gabah kopi basah keluar dari mesin pengupas kulit. Gabah kopi ditampung didalam tandon berisi air lalu kemudian diaduk-aduk supaya lendirnya berkurang. Gabah kopi yang mengambang akan dibuang dan gabah yang tenggelam akan disimpan dalam gudang selama 12-36 jam sebelum akhirnya dijemur. Proses pencucian lanjutan dan perendaman pada air bersih untuk menghilangkan seluruh lendir tidak dilakukan pada proses ini. Proses ini umum dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.

Karena lendir tidak tercuci bersih, fermentasi tambahan dari lendir masih terjadi pada proses ini. Perbedaan proses semi basah dengan proses madu adalah keterlibatan air. Proses semi basah masih menggunakan air untuk mencuci sebagian lendir, sementara proses madu tidak. Oleh karena itu, cita rasa umum dari kopi semi basah merupakan percampuran antara proses madu dan proses madu. Di satu sisi cita rasa origin masih terasa dan keasamannya relatif tinggi, namun memiliki body yang cukup tebal.

Proses kering dilakukan pada jenis kopi robusta, proses ini dilakukan dengan penjemuran biji kopi di bawah sinar matahari langsung. Biji kopi yang telah dipanen kemudian dijemur sampai kering, penjemuran bisa sampai 5  - 10 hari tergantung pada cuaca dan panas sinar matahari. Biji kopi yang telah kering baru mengalami pemisahan atau pengelupasan dari kulitnya. Proses ini lebih menghemat biaya karena masih bisa dilakukan dengan cara tradisional (Yani dkk. 2018).

  1. Proses Fermentasi Biji Kopi

Untuk meningkatkan mutu kopi, maka salah satu proses yang perlu diperbaiki adalah pada proses pasca panen. Salah satu teknologi pasca panen untuk memperbaiki cita rasa kopi adalah dengan fermentasi. Biji kopi yang difermentasi basah atau semi basah sebelum dikeringkan akan meningkatkan cita rasa kopi. Teknologi fermentasi kopi secara basah hanya dilakukan oleh perkebunan swasta, disebabkan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak, modal yang lebih besar, dan air yang banyak. Teknologi fermentasi semi basah lebih layak dilakukan pada perkebunan kopi rakyat. Teknologi ini membutuhkan tenaga kerja, permodalan, dan kebutuhan air yang lebih sedikit. Teknologi fermentasi semi basah sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Buah kopi yang akan difermentasi dipilih buah kopi yang benar-benar matang (berwarna merah).
  2. Buah kopi yang telah dipetik harus segera diproses. Waktu antara pemetikan dengan proses fermentasi diusahakan tidak lebih dari 6 jam.
  3. Buah kopi selanjutnya direndam sebentar dengan air bersih untuk memudahkan pemecahan kulit. Namun dapat juga langsung dipecah kulitnya tanpa melalui perendaman.
  4. Selanjutnya buah digiling dengan mesin pulper (vis pulper).
  5. Hasil pulping kemudian ditumpuk (dionggokkan) atau disimpan pada wadah hingga membentuk gunungan (kerucut). Gunungan hasil pulping itu ditutup karung atau plastik, lalu dibiarkan selama semalam (12 – 15 jam). Alternatif lain untuk mempercepat proses fermetasi atau menguatkan cita rasa adalah dengan memberikan yeast, atau bakteri proteolitik yang banyak dijual dipasaran ke dalam buah yang sudah dipulping lalu diperam selama 12 – 15 jam. Kadar yeast atau bakteri proteolitik yang diberikan cukup 3% saja.
  6. Setelah diperam, buah selanjutnya dicuci dengan air bersih dan dijemur. Namun bila panas memungkinkan, buah dapat langsung dapat dijemur.
  7. Proses selanjutnya seperti proses umumnya pengolahan kopi, hingga di dapatkan kopi bubuk (BPTP Sumsel, 2019).

Sumber : Dra. Alvi Yani, MSi dan Humas BPTP Lampung

wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink sat hacklink sat deface mirror hacklink wso shell
instagram takipçi instagram takipçi takipçi satın al instagram free followers youtube abone hilesi 2018 instagram takipçi kasma instagram takipçi free followers for instagram instagram takipçi satın al instagram free followers free instagram followers instagram takipçi kasma instagram beğeni hilesi cheat follower for instagram instagram giriş instagram free follower twitter begeni twitter takipci smm panel sosyal medya paneli instagram takipçi hilesi instagram takipçi instagram takipçi free followers for instagram instagram takipçi satın al instagram free followers free instagram followers instagram takipçi kasma instagram beğeni hilesi cheat follower for instagram instagram giriş instagram free follower twitter begeni twitter takipci smm panel sosyal medya paneli instagram takipçi hilesi Yalova Escort Sakarya Escort Burdur Escort Bayan Zonguldak Escort Mardin Escort Bayan Sex hikayeleri Elazığ Escort Manisa Escort Diyarbakır Escort Samsun Escort Bayan Samsun Escort Malatya escort Kayseri Escort Kayseri Escort Bayan Gaziantep Escort Gaziantep Escort Bayan Escort Gaziantep Eskisehir Escort Eskişehir Escort Bayan Bursa Escort Bursa Escort Bayan Beylikdüzü Escort Beylikdüzü Escort Escort Beylikdüzü Beylikdüzü Escort Antalya Escort Bayan Antalya Escort Alanya Escort Escort Alanya Adana Escort Escort Malatya Alanya Escort Konya Escort Bodrum Escort Kuşadası Escort Hatay Escort Gaziantep Escort Lefkoşe escort Lefkoşe escort Afyon Escort Escort Hatay Trabzon Escort Tekirdağ Escort Şanlıurfa Escort Niğde Escort Nevşehir Escort Erzurum Escort Sinop Escort Bayan van escort Betbaba Betmoon Sex hikayeleri wsbets Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri hilbet Vdcasino giriş adresi Asyabahis giriş adresi trabzon escort baymavi Escort Marmaris kütahya escort kastamonu escort kütahya escort erzurum escort urfa escort manisa escort niğde escort yozgat escort rize escort urfa escort ısparta escort erzincan escort malatya escort sakarya escort trabzon escort Escort Yalova Artvin Escort Zonguldak Escort Ordu Escort Escort çeşme Escort edirne Mardin Escort Bayan Sakarya Escort Bayan sivas escort yalova escort ordu escort mardin escort kastamonu escort tekirdağ escort sakarya escort giresun escort yalova escort erzincan escort ordu escort mardin escort sivas escort zonguldak escort erzurum escort bursa escort Gümüşhane escort Bolu Escort ısparta escort Erzincan Escort ısparta escort Giresun Escort giresun escort malatya escort Adana Escort Çanakkale Escort Niğde Escort Afyon Escort Yozgat Escort Bolu Escort Edirne Escort Sivas Escort Yozgat Escort Çanakkale Escort Diyarbakır Escort Erzincan Escort Manisa Escort Ordu Escort Rize Escort Şanlıurfa Escort Sinop Escort Sivas Escort Tekirdağ Escort Van Escort Bursa escort Mersin Escort erzincan escort agri escort Didim Escort Nevşehir Escort Trabzon Escort Kütahya Escort Artvin Escort Elazığ Escort Uşak Escort Van Escort diyarbakır escort kuşadası escort kocaeli escort uşak escort Kütahya Escort Erzurum Escort Rize Escort Kastamonu Escort uşak escort urfa escort van escort yalova escort zonguldak escort çanakkale escort çorum escort ısparta escort elazığ escort Giresun Escort Kastamonu Escort zonguldak escort erzincan escort tekirdağ escort van escort ısparta escort niğde escort rize escort manisa escort sinop escort sivas escort tekirdağ escort tokat escort trabzon escort malatya escort manisa escort maraş escort mardin escort marmaris escort samsun escort sakarya escort rize escort ordu escort niğde escort nevşehir escort muğla escort mersin escort kuşadası escort kütahya escort kıbrıs escort kastamonu escort kayseri escort kocaeli escort konya escort gümüşhane escort hatay escort kars escort erzincan escort erzurum escort eskişehir escort giresun escort bolu escort didim escort diyarbakır escort düzce escort burdur escort edirne escort denizli escort ağrı escort balıkesir escort beylikdüzü escort bodrum escort antalya escort antep escort artvin escort aydin escort adana escort afyon escort alanya escort yozgat escort çeşme escort yozgat escort bursa escort bursa escort bodrum escort bodrum escort samsun escort gaziantep escort adana escort afyon escort alanya escort çanakkale escort çorum escort denizli escort didim escort düzce escort düzce escort edirne escort adana escort agri escort artvin escort aydin escort balıkesir escort afyon escort balıkesir escort denizli escort bolu escort burdur escort eskişehir escort kayseri escort konya escort maraş escort mersin escort gümüşhane escort kars escort kıbrıs escort muğla escort tokat escort tokat escort muğla escort marmaris escort maraş escort konya escort kocaeli escort kıbrıs escort hatay escort çorum escort çeşme escort bodrum escort didim escort çeşme escort burdur escort bolu escort mersin escort konya escort antalya escort aydin escort artvin escort Antalya escort Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Sex hikayeleri Winxbet Vegabet Showbahis Seabahis Romabet Queenbet Onbahis Nakitbahis Mottobet Mavibet Lunabit Limanbet Jokerbet Jasminbet Hermesbet Grbets Gencobahis Egobet Efsanebahis Cepbahis CasinoMaxi Betsidney Betonbet Bahsine Akcebet Adiosbet youwin yorkbet wonodds vevobahis tulipbet truvabet tempobet superbetin superbahis pulibet princessbet polobet pashagaming ngsbahis modabet matrixbet lidyabet kingbetting jojobet jestbet jestbahis interbahis imajbet holiganbet grandbetting gorabet forvetbet fenomenbet ensobet elexbet casinometropol betper betnano betexper betcup betboo belugabahis bahisarena artemisbet anadolucasino 1xbit 1xbet Pashabahis Privebet Neyine Megabahis Liderbahis Kolaybet Gobahis Dumanbet Dinamobet Pinbahis Celtabet Bahsegel Venusbet Betpark Betlike Arzbet Mobilbahis Bets10 Savoybetting Makrobet Goldenbahis Betmatik Betgram Betist Betticket Betvole Mariobet Betebet Betpas Piabet Milanobet Tipobet Trbet Restbet Perabet ilbet Supertotobet Sekabet betpapel favorisen giriş onwin giriş altincasino giriş casinokral giriş casino360 giriş aresbet giriş betmarino giriş betflix giriş limakbahis giriş jetbahis giriş akbet giriş milosbet giriş kareasbet giriş mrcasino giriş casinoslot giriş betkanyon giriş betorder giriş wolbet giriş bahisnow giriş bets4you giriş melbet giriş discountcasino giriş megapari giriş betwego giriş hemenbahis giriş hiperbet giriş noxwin giriş sinyorbet giriş bahistir giriş adana escort canlı bahis sanal bahis kaçak bahis eryaman escort artvin escort bilecik escort bursa escort kırklareli escort karabük escort sinop escort karaman escort tekirdağ escort kırşehir escort kuşadası escort manisa escort çankırı escort kırıkkale escort izmit escort erzurum escort antalya escort buca escort kadıköy escort balıkesir escort samsun escort hatay escort burdur escort malatya escort antep escort diyarbakır escort nevşehir escort kıbrıs escort kütahya escort kayseri escort muğla escort eskişehir escort aydın escort uşak escort denizli escort konya escort mersin escort çanakkale escort tekirdağ escort maraş escort trabzon escort ordu escort mardin escort çorum escort bolu escort tokat escort adana escort kastamonu escort avcılar escort rize escort yozgat escort beylikdüzü escort esenyurt escort giresun escort niğde escort pendik escort başakşehir escort sivas escort elazığ escort şişli escort gaziemir escort mecidiyeköy escort karşıyaka escort afyon escort kıbrıs escort kıbrıs escort ısparta escort konak escort bursa escort alanya escort bakırköy escort manisa escort halkalı escort sakarya escort urfa escort van escort ağrı escort zonguldak escort yalova escort düzce escort fethiye escort edirne escort kocaeli escort düzce escort sohbet sohbet adana escort bartın escort yalova escort sakarya escort maraş escort van escort muş escort siirt escort erzurum escort erzincan escort afyon escort nevşehir escort ısparta escort batman escort edirne escort amasya escort çanakkale escort balıkesir escort uşak escort düzce escort hatay escort muğla escort bodrum escort urfa escort mardin escort diyarbakır escort aksaray escort osmaniye escort kilis escort adıyaman escort mersin escort kocaeli escort kayseri escort aydın escort kütahya escort malatya escort zonguldak escort kastamonu escort pendik escort escort bayan kaynarca tuzla escort pendik escort short haircuts for women kurtköy escort beykoz escort sultanbeyli escort adalar escort