JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Tim ICARE Badan Litbang Pertanian bersama BAPPENAS Lakukan Observasi Tahap-2 di Kabupaten Tanggamus.

 

Kepala BPTP Lampung beserta peneliti dan penyuluh dampingi Tim ICARE Badan Litbang Pertanian lakukan observasi Tahap-2 di Kabupaten Tanggamus.  Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 17-18 November 2021.  Tim ICARE pusat yang hadir terdiri dari Ir. Dwi Priyanto, B.Sc., M.Si., April Hari Wardana, SKH., M.Si., Ph.D., Ilham Nur Ardhi Wicaksono, SP., M.Si., Dr. Andi Tarigan, S.Pt., M.Si., dan Muhammad Syawal, S.Pt., M.Si. 

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan konfirmasi ulang terhadap kesiapan daerah dalam pelaksanaan program.  Selain itu akan digali pula kemungkinan permasalahan yang belum muncul pada observasi pertama.  Hal ini disampaikan Dr. Dwi Priyanto, sebagai ketua rombongan dalam observasi ini, saat memaparkan maksud kedatangan tim di aula pertemuan kantor Bupati Tanggamus.  Sebagai Ketua Rombongan yang juga Peneliti Utama pada Balai Penelitian Veteriner, beliau sangat mengapresiasi bahwa di Kabupaten Tanggamus telah terdapat Kambing Saburai sebagai unggulan yang dapat dikembangkan lagi melalui program ICARE ini.

Pada sambutannya, Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, SE. MM, sangat berterimakasih atas terpilihnya Kabupaten Tanggamus sebagai salah satu kabupaten pelaksana program ICARE. Beliau optimis bahwa program ini akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan petani.  Menurutnya program yang akan fokus pada komoditas kopi dan kambing ini sangat tepat dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus mengingat dua komoditas tersebut menjadi unggulan Kabupaten Tanggamus.  Hal ini sesuai dengan misi ke-4 Kabupaten Tanggamus yakni mengembangkan inovasi sektor pertanian dan perikanan dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi. Disampaikan juga bahwa Pemerintah Kabupaten Tanggamus akan mendukung sepenuhnya melalui program kerja lima tahun ke depan.  Beberapa diantaranya yakni perbaikan prasarana jalan, saluran drainase, serta kendaraan operasional penyuluh.  Hadir pula pada pertemuan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus, Heri Agus Setiawan, SKPD serta Camat Air Naningan, Ulu Belu, dan Pulau Panggung.

Pada pertemuan tersebut Bappenas yang diwakili Zulfriandi, SE., Ak., MM., menyampaikan bahwa program ICARE ini harus menghasilkan outcome yakni peningkatan kesejahteraan petani.  Hal ini dapat tercermin dari meningkatnya Nilai Tukar Petani (NTP).  Untuk itu dukungan dari kabupaten sangat penting.  Selanjutnya ia menyampaikan bahwa selain melalui program ICARE Kabupaten Tanggamus pada Tahun 2022 juga akan menerima alokasi DAK guna mendukung pembangunan kawasan pertanian penghasil pangan.

Usai pertemuan dengan Bupati Tanggamus, tim ICARE melakukan diskusi bersama di Aula Dekan Fakultas Pertanian Unila.  Acara ini difasilitasi Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Hadir pada acara diskusi: Assisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Ir. Kusnardi, M.Agr., Kepala Bappeda, Kadis Peternakan dan Keswan, Kadis Perkebunan, Kadis Koperindag, Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortukultura Provinsi Lampung, dan SKPD Kabupaten seperti Dinas KPTH, Dinas Perkebunan dan Bapelitbangda Kabupatan Tanggamus.

 

Sumber: Tim Medsos BPTP Lampung