Sinergitas BPTP Lampung dengan Perguruan Tinggi dan NGO dalam Bimbingan Teknis Standard Budidaya Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan

Parent Category: Berita Written by Tri.Ksn Hits: 145

Pelaksanaan kegiatan bimbingan Teknis dilakukan pada tanggal 21 September 2022 di Pekon Suka Negara, Kec. Ngambur, Kab. Pesisir Barat. Bimbingan Teknis tersebut dibuka oleh Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan Bpk. H. Imam Sahabuddin dan dihadiri oleh Kepala BPTP Lampung Dr. Drs. Jekvy Hendra, M. Si, Ketua Lamban Tani Indonesia Muhidin Penata Gemilang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pesisir Barat, dan Aparat Pekon Suka Negara.

Kegiatan pertama yaitu pemaparan materi dan Diskusi terkait standar Budidaya Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan. Kegiatan ini dilakukan di Balai Pekon Suka Negara dan sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain Dosen FP Unila Dr. Yuniar Aviati, S.P., M.T.A., Dosen FH Universitas Malahayati Erlina, SP, MH, serta Penyuluh BPTP Lampung Fauziah Yulia Adriyani, SP, M. Si. Setelah paparan materi, dilanjutkan dengan praktek lapang.

Praktek Lapang dilakukan di Lokasi Sekretariat Lamban Tani Indonesia, dalam kegiatan ini, Peserta dibagi menjadi 3 kelompok sesuai dengan kegiatan pertanian yang dilakukan. Untuk kelompok tanaman pangan dipandu oleh Robinson Putra, SP, M.Si dan didampingi oleh mentor dr BPTP Lampung yaitu Koord. KSPP Edwin Hendrayana, SP, serta Penyuluh Betty Meilina, SP. Kelompok Hortikultura dipandu oleh Erdiansyah, SP dan dimentori oleh Koord. Tata Usaha BPTP Lampung Arfi Irawati, SP, M.Si. Kelompok Peternakan dipandu oleh Akhmad Ansyor, SP, M. Sc dan didampingi oleh tim Penyuluh BPTP Lampung yaitu Andi Maryanto, S. ST dan Suryani, S. ST.

Dalam Pelaksanaan Bimbingan Teknis ini juga dilakukan penyerahan Bantuan Benih Jagung Hibrida NASSA 29 dari BPTP Lampung kepada Lamban Tani Indonesia. Selain itu juga, diberikan bantuan Ecoenzym dari Fakultas Pertanian UNILA kepada Peserta Bimbingan Teknis.

 

Sumber: Tim Bimtek Pesisir Barat & Medsos BPTP Lampung