JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Roguing dan Detasseling, Tahapan Menghasilkan Benih Jagung Bermutu

Kegiatan perbenihan jagung BPTP Lampung saat ini telah memasuki  tahapan penting sebagai syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk menghasilkan benih bermutu, yaitu Roguing dan Detasseling yang dilaksanakan dua lokasi perbenihan jagung yaitu di IP2TP Natar (5 ha) dan IP2TP Tegineneng (5 ha).

Proses “Roguing”  dilakukan untuk melakukan seleksi  dengan cara mencabut  tanaman yang menyimpang atau tidak sesuai dari rata-rata pertumbuhan tanaman jagung secara umum, serta yang terkena serangan hama penyakit baik pada tanaman induk betina maupun induk jantannya. Tahapan ini bisa dilakukan 2-3 kali bahkan lebih, baik saat pertumbuhan vegetatif (32-35 hst) dan saat pertumbuhan generatif (45-52 hst) sehingga tanaman jagung yang tumbuh sesuai dengan yang diinginkan.

Proses berikutnya yang juga sedang dilakukan adalah “Detasseling”. Tahapan ini dilakukan pada barisan tanaman induk betina dengan membuang bunga jantan yang belum mekar atau saat bunga jantan masih terbungkus daun bendera (umur antara 45-56 hst). Tujuan detasseling  yaitu untuk mencegah agar tidak terjadi penyerbukan sendiri atau penyerbukan sesama galur/induk tanaman betina karena tanaman jagung merupakan tanaman berumah satu. Proses detasseling dilakukan secara manual dengan memotong atau mencabut dengan tangan pada ujung pertumbuhan malai bunga jantan pada tanaman induk betina. Tahapan ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Sumber: Tim Perbenihan Jagung, Medsos dan Website BPTP Lampung