JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

PASTIKAN LEGALITAS MUTU BENIH KELAPA, BPTP LAMPUNG AJUKAN SERTIFIKASI LAYAK SALUR KE UPTD BP2MB PROVINSI LAMPUNG

 

Palas, 4 Oktober 2021. BPTP Lampung mengajukan proses sertifikasi benih Kelapa Dalam varietas Kelapa Puan Kalianda (KPK) ke UPTD BP2MB Provinsi Lampung sebagai rangkaian proses untuk memastikan benih kelapa yang siap dan layak salur ke masyarakat khususnya petani kelapa. Proses pembenihan kelapa KPK sendiri telah berlangsung sekitar 5-6 bulan di Nursery Tanaman Perkebunan Poktan Rejeki, Desa Tanjungsari, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. Menindaklanjuti hal tersebut maka pada tanggal 4 Oktober 2021 telah dilangsungkan kunjungan PL ke lokasi pembenihan kelapa KPK. Tim UPTD BP2MB yang berkenan ke lokasi perbenihan adalah Abdul Aziz, SP., M.M. (Ka. UPTD BP2MB Provinsi Lampung), Cahyaning Anggaraini, SP. (Kasie Perbenihan), serta Pengawas Benih Tanaman (PBT) Perkebunan yaitu Ervani, SP. dan Sri Wahyuni, A.Md. Turut mendampingi dari BPTP Lampung antara lain Dr. Ir. Slameto, M.Si. (peneliti), Hestiana Karyati, A.Md. (teknisi litkayasa), dan Herna Suhartin, A.Md. (urusan administrasi). Hadir juga para petani anggota Poktan Rejeki yang dalam hal ini telah bekerjasama dalam melakukan perbenihan dan rencananya akan diberikan bantuan benih kelapa jenis KPK yang dibenihkan tersebut.

Pada kesempatan tersebut para anggota poktan yang hadir mendapat arahan dari Ka. UPTD BP2MB terutama berkaitan dengan pentingnya benih bersertifikasi dan proses pasca perbenihan dimana disarankan untuk dapat ditanam secara baik sesuai anjuran BPTP Lampung dan sebaiknya dijadikan kebun sumber benih unggul kelapa atau kebun induk benih kelapa unggul KPK. Tentunya poktan harus mengurus dokumen legalitas formalnya sebagai penangkar benih berupa ijin sebagai penangkar yang diwujudkan dalam Ijin Usaha Benih (IUB) perkebunan. Tim PBT sendiri melakukan verifikasi administrasi dan amatan di lapangan terhadap benih kelapa yang telah dibibitkan yang layak dan siap salur.  Dari hasil pemeriksaan kondisi benih kelapa KPK sesuai persyaratan dihasilkan tidak kurang dari 1.200 benih layak salur ke masyarakat.

Perlu disampaikan bahwa kelapa varietas Kelapa Puan Kalianda merupakan kelapa dalam unggul yang telah dilepas oleh Menteri Pertanian RI sebagai vaietas unggul kelapa kopyor sesuai Kepmentan Nomor: 96/Kpts/KB.010/2/2017  tahun 2017. Adapun kebun induk benih kelapa KPK berada di Desa Agom dan Desa Palembapang, wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Potensi atau peluang kopyor kelapa varietas KPK sebesar 15-30% sehingga keberadaannya sangat perlu dilestarikan. Kelapa jenis kopyor tersebut mempunyai keunggulan berupa harga jual yang relatif tinggi sebagai bahan minuman segar sehingga mempunyai nilai tambah bagi penanamnya. Untuk itu, melalui program bantuan benih unggul dengan inovasi teknologi pertanian dilakukan upaya pengembangan jenis kelapa KPK sebagai kelapa unggul daerah Lampung untuk dikembangkan di masyarakat petani.

Sumber: Humas dan Tim Medsos  BPTP Lampung