JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Panen Bersama Jagung Kegiatan RPIK BPTP Lampung di Jati Agung, Lampung Selatan

Jati Agung, 05 Oktober 2021 Demplot Kajian Rakitan. Paket Teknologi Budidaya Jagung merupakan bagian dari kegiatan “Pengujian Paket Teknologi Pertanian Inovatif Presisi Berbasis Komoditas Jagung untuk Keberlanjutan Usahatani di Lahan Kering Masam Wilayah Lampung". RPIK (Riset Pengembangan Inovasi Kolaboratif) (RPIK) adalah kegiatan kolaboratif BPTP Lampung dan BBSDLP Bogor untuk pengembangan komoditas jagung di lahan kering masam.

Panen Bersama jagung dihadiri oleh Kepala BPTP Lampung (Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si.), Sub Koordinator KSPP BPTP Lampung (Dr. Danarsi Diptaningsari, SP, M.Si.), Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Jati Agung (Nursalim, SP), Penyuluh Pertanian Desa Karang Rejo (Ariswanto, SP), Ketua Gapoktan (Sugiono), petani kooperator (Saeful, Suwandi, Rahmi), dan Tim RPIK BPTP Lampung. Acara Panen Bersama dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, dengan jumlah peserta 25 orang.

Panen dilakukan pada umur tanaman 105 hari setelah tanam. Dengan Penerapan paket introduksi "Semi Organik" dari BPTP Lampung. Penerapan teknologi pemupukan, pengendalian hama dan penyakit dengan menggunakan biopestida dan pengembalian limbah organik untuk perbaikan sifat fisik dan kimia tanah, penggunaan amelioran serta pupuk hayati mendapat tanggapan positif dari petani kooperator. Petani mengakui dengan penerapan Paket Teknologi introduksi ini hasilnya memuaskan, lebih rendah biaya pembelian pestisida, dibandingkan paket teknologi eksisting yang biasa menggunakan pestisida kimia secara berlebihan dan terus-menerus.
 
Dalam sambutannya Kepala BPTP Lampung berharap supaya petani dapat menerapkan paket teknologi introduksi ini secara berkelanjutan, agar kesuburan tanah dapat terjaga dan pengendalian hama secara hayati, sehingga tidak terjadi lagi resistensi hama sebagai akibat penggunaan pestisida kimia secara terus-menerus. Sementara Koordinator Penyuluh mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas terselengaranya kegiatan Demplot RPIK Lahan Kering Masam ini, di tengah kondisi Pandemi dan musim kemarau, petani masih mampu berproduksi adanya kegiatan pendampingan dari BPTP Lampung dalam Teknologi Budidaya Jagung yang lebih baik.

Sumber: Tim RPIK BPTP Lampung & Tim Medsos