JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Monitoring Komoditas Tanaman Kakao di Kecamatan Sukadana Lampung Timur


Sukadana 17 Januari 2023, Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP)-BPTP Lampung melakukan monitoring komoditas tanaman kakao di Desa Putra Aji Dua Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur, bersama Kepala BSIP-BPTP Lampung Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si didampingi pejabat fungsional penyuluh Tri Kusnanto, S.ST dan Dosen IPB Dr. Ruly Anwar, M.Si. Kegiatan ini diawali dengan mengunjungi  kelompoktani “Langgeng Jaya” lalu melakukan diskusi tentang budidaya tanaman, hama dan penyakit tanaman kakao

Di Kecamatan Sukadana Khususnya Desa Putra Aji Dua, tanaman kakao yang teserang oleh Helopeltis spp ditandai dengan gejala buah terlihat bercak-bercak berwarna cokelat kehitaman. Serangan pada buah muda (ukuran ± 8 cm) menyebabkan layu pentil dan umumnya buah akan mengering lalu rontok, apabila pertumbuhan buah terus berlanjut maka kulit buah akan mengeras dan retak-retak, lalu akhirnya terjadi perubahan bentuk buah yang dapat menghambat perkembangan biji di dalamnya.
Saran untuk pengendalian populasi hama Helopeltis spp. pada tanaman kakao dilakukan melalui konsep pengendalian hama terpadu (PHT), dengan memadukan dua atau lebih teknik pengendalian yang dikembangkan, yang dapat dilakukan dengan seperti; Penggunaan Varietas Resisten, Kultur teknis, pengendalian bilogis, mekanis atau Fisik, penggunaan Insektisida Nabati, dan Insektisida kimia sintetis.

Sumber: Tim Medsos BSIP-BPTP Lampung