JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Kunjungan Gapoktan Karya Jaya Kabupaten Way Kanan di KP Natar BPTP Lampung

Natar, 17 Nopember 2022. Kebun  Percobaan (KP) Natar BPTP Lampung menerima kunjungan 31 orang  berasal dari 5 Kelompok Tani yang tergabung dalam Gapoktan Karya Jaya Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan.
Rombongan didampingi Kabid Perkebunan (Rohim, S.P., M.M.) dan Penyuluh Pendamping dalam rangka studi banding budidaya kopi.

Kunjungan dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kinerja petani/kelompok tani disuatu wilayah. Pada acara kunjungan tersebut diterima langsung oleh Sub Koordinator KSPP, Edwin Herdiansyah, S.P., dan Koordinator KP Natar, Dede Rusmawan S.P., Beberapa agenda dalam kunjungan antara lain mengelilingi  tempat pembibitan kopi robusta, visitor plot tanaman kopi robusta dengan sistem poliklonal.

Penanaman kopi secara poliklonal dilakukan dengan membentuk komposisi (3-4 klon) yang sesuai. Masing-masing klon ditanam secara berbaris diantara pohon pelindung. Pengaturan penanaman poliklonal dilakukan secara sistematis, setiap klon ditanam dalam lajur tertentu berseling dengan klon pasangan komposisi yang terpilih, antara lain berdasarkan pada: (1). Sifat daya adaptabilitas daya hasil yaitu yang mampu beradaptasi dengan baik seperti klon BP 42, BP 358, dan SA 237 dan toleran terhadap iklim basah seperti: klon BP 534 dan BP 936; (2). Sifat berbunga yang relatif serempak agar proses persarian (pembuahan) dapat berlangsung dengan baik; dan (3). Ukuran biji yang dihasilkan lebih seragam.

Para petani/kelompoktani sangat tertarik dengan budidaya tanaman kopi robusta secara poliklonal dengan melihat performan tanaman kopi tumbuh dengan baik dan mereka akan menerapkan sistem itu.



Sumber: Tim Medsos BPTP Lampung.