JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Gebyar Ekspor Pertanian Tutup Tahun 2021

Bandar Lampung, 31 Desember 2021. Bertempat di IPC TPK Pelabuhan Peti Kemas Panjang, Kepala BPTP Lampung didampingi oleh Ka Subbag Tata Usaha dan Koordinator Program menghadiri kegiatan Gebyar Ekspor Tutup Tahun 2021 yang dilaksanakan secara hybrid di 34 pintu ekspor Indonesia dan terpusat di Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ekspor produk pertanian yang dilaksanakan di Provinsi Lampung ini juga dihadiri oleh Wakil Kapolda Provinsi Lampung, Staf Ahli Ekuibang Provinsi Lampung, Staf Ahli Bidang Masyarakat dan SDM Kabupaten Tanggamus, serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan ekspor ini merupakan bentuk perwujudan program kerja Badan Karantina Pertanian (BKP) Kementerian Pertanian yaitu GraTIEks (Gerakan Tiga Kali Ekspor Pertanian) yang ditargetkan tercapai sampai dengan tahun 2024. Menurut Kepala BKP Kelas I Bandar Lampung, sampai dengan akhir tahun 2021 realisasi ekspor Provinsi Lampung sudah mencapai 233%. Nilai ekspor Provinsi Lampung tahun 2018 mencapai 6 T dan pada tahun 2021 telah mencapai 14,4 T. Produk pertanian yang selama ini diekspor dari Provinsi Lampung adalah komoditas perkebunan dan hortikultura yaitu ke 63 negara tujuan dan diakhir tahun 2021 ini dilakukan ekspor perdana komoditas Manggis, Durian dan Rambutan yang akan dikirim ke Denmark.

Sementara itu, Menteri Pertanian RI dalam sambutannya melalui online menyatakan bahwa pencapaian ekspor produk pertanian sangat membanggakan. Pada tahun 2021 terjadi peningkatan ekspor produk pertanian yang mencapai 15,7%. Prestasi ekspor ini menjadi capaian Kementerian Pertanian dalam mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional di saat pandemi seperti sekarang. Selanjutnya Menteri Pertanian juga menginformasikan sejak dua tahun kebelakang Indonesia mengalami surplus beras, bahkan di tahun 2021 mencapai 9,63 juta ton. Harapannya ke depan Indonesia juga mampu untuk menjadi negara pengekspor beras di pasar global.

Sumber: Tim Medsos BPTP Lampung