JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

BSIP- BPTP Lampung Koleksi Cabe Jawa Di KP Natar

 

Natar, 11 Januari 2023 BPSIP Lampung mempunyai koleksi komoditas tanaman cabe jawa di kebun percobaan (KP) Natar.  Tanaman ini dapat diusahakan secara monokultur maupun polikultur.  Rencana kedepan koleksi tanaman cabe jawa yang ada di KP Natar ini akan dijadikan sebagai sumber benih yang akan dikembangkan di Provinsi Lampung. Sifat fisiologi, morfologi, dan persyaratan tumbuhnya tanaman cabe jawa termasuk tanaman adaptif di bawah naungan, sehingga dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik dengan radiasi penyinaran matahari 50-75%, struktur perakaran yang dangkal dan radius yang pendek, bentuk kanopi yang tidak lebar dan mulai berproduksi pada umur 1-2 tahun.

Tanaman cabe jawa  pembuahannya berlangsung terus menerus sepanjang tahun, sehingga panen dapat dilakukan secara berkala dan kontinyu. Panen dilakukan dengan cara memetik buah yang sudah mencapai stadium tua, dengan ciri-ciri buah telah berwarna hijau kekuning-kuningan hingga kemerah-merahan.

Cara pemanenan cabe jawa dilakukan dengan memetik tangkai buahnya satu persatu secara hati-hati. Dalam satu tahun, cabe jawa dapat dipanen antara 3-5 kali tergantung pada pertumbuhan tanamannya. Produksi tahun pertama rata-rata 0,2 kg buah cabe kering/pohon atau setara 0,6 kg buah segar. Sedangkan untuk tanaman dewasa dapat mencapai 1,2 kg cabe kering atau setara 3,6 kg buah segar. Apabila buah dipanen pada stadium matang (berwarna merah tua dan lunak), buah akan mudah rusak, baik dalam bentuk buah maupun kering sehingga kualitasnya tidak baik.

Sumber: Tim Medsos BSIP- BPTP Lampung