JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

BPTP Lampung Narasumber SL Kopi dan Sosialisasi BSIP di Way Kanan


Way Kanan, Tim Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung, yang diwakili oleh (Dede Rusmawan, SP dan Tri Kusnanto, SST) menjadi narasumber sekolah lapang budidaya tanaman kopi yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan. Dihadiri oleh Kabid Perkebunan, Penyuluh Perkebunan, Penyuluh Pendamping, Staf Dinas Perkebunan serta 5 (lima) Kelompoktani Kecamatan Rebang Tangkas. Kegiatan ini dilakukan dilapangan langsung dan didalam ruangan, dengan metode penyuluhan pertanian yang tepat, melalui sekolah lapang, agar penyuluhan pertanian dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Penyuluhan pertanian khususnya komoditas tanaman perkebunan memiliki peranan yang sangat besar dalam rangka peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam melaksanakan usaha tani kopi. Dalam pembelajaran sekolah lapang diharapkan para peserta dapat mampu mengidentifikasi, mengatasi permasalahan, mengambil keputusan, dan menerapkan teknologi yang sesuai dengan sumberdaya pertanian yang ada.

Sekolah lapang dipandang sebagai salah satu metode dalam proses belajar mengajar yang cukup efektif karena sangat cocok sebagai metode pembelajaran bagi orang dewasa karena sifatnya yang tidak formal, proses pembelajaran dilakukan di lapangan dimana tersedia objek nyata. Materi yang diajarkan dilapangan antara: Pada hari pertama membahas tentang budidaya tanaman kopi sesuai dengan Good Argriculture Practice (GAP), hari kedua pembelajaran tentang hama/penyakit tanaman kopi dan penggunaan pestisida yang sesuai anjuran.

Disela sela waktu kegiatan sekolah lapang, tim BPTP Lampung juga melakukan sosialisasi terbentuknya Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP), sesuai dengan Permentan No.117 Tahun 2022 yang ditetapkan pada tanggal 21 September 2022.

Sumber : Tim Medsos BPTP Lampung

#AgrostandarPertanian
#PertanianMajuMandiriModern
#sayaBSIP