JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

BPTP LAMPUNG MENGADAKAN BIMBINGAN TEKNIS STANDAR BUDIDAYA TANAMAN PANGAN DAN PERKEBUNAN DI TANGGAMUS

 

Tanggamus, 27 Agustus 2022 BPTP Lampung melaksanakan kegiatan bimbingan teknis standar budidaya tanaman pangan, hortikultura, Perkebunan dan Peternakan di Balai Pekon Tangkit Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus.  Tujuan bimbingan teknis adalah meningkatnya pengetahuan petani dan penyuluh pertanian terhadap standar budidaya tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan. Serta Meningkatnya keterampilan petani dan penyuluh dalam menerapkan standar budidaya tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan.  Bimbingan teknis dilakukan dengan terlebih dahulu memberikan materi diruangan dan praktek langsung dilokasi tentang Budidaya Jagung, padi sawah dan pengendalian hama penyakit tanaman kakao.  Kegiatan Bimtek dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan jam 15.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).


Peserta bimbingan teknis berasal penyuluh pertanian dan dari perwakilan petani komoditas perkebunan khususnya kakao, petani komoditas tanaman pangan khususnya padi sawah dan jagung.  Narasumber kegiatan berasal dari Pemerintah Daerah Tanggamus, Dinas Tanaman Pangan, Ketahanan Pangan, dan Hortikultura, Kepala BPTP Lampung, Narasumber BPTP Lampung. Beberapa materi dan Narasumber bimbingan teknis antara lain: Strategi Pengelolaan Lahan Pertanian Ramah Lingkungan (Dr.Drs. Jekvy Hendra, M.Si), Budidaya Padi Sawah Dengan Teknologi Jajar Legowo Super (Ir. Nasriati, M.P), Pengenalan Varietas Unggul Baru (VUB) Tanaman Padi (Ely Novrianty, SP), Program Unggulan Dan Prioritas Bidang Pertanian Kabupaten Tanggamus Tahun 2023 (Catur Agus Dewanto, S.P), Teknologi Budidaya Jagung Spesifik Lokasi (Agung Lasmono, SP., M.Si). Tim Pelaksana teknis bekerjasama dengan BPP Kecamatan Pugung, dan Pemerintah Pekon Tangkit Serdang. Tim teknis kegiatan Bimtek antara lain: (Edwin Herdiansyah, SP (Sub Koordinator KSPP), Robinson Putra, SP., M.Si, Artha Mukhtar Jalil, SP., Herna Suhartin, A.Md, Suresmi, Zaenuddin, Khairul Anam).


Bimbingan teknis secara resmi dibuka oleh Bupati Tanggamus yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Ketahanan Pangan, dan Hortikultura (Catur Agus Dewanto, S.P) dalam sambutannya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada BPTP Lampung sudah melaksanakan bimbingan teknis sesuai dengan harapan masyarakat khususnya petani. Dilanjutkan sambutan Kepala BPTP Lampung (Dr.Drs. Jekvy Hendra, M.Si) bimbingan teknis ini bertujuan mendekatkan inovasi teknologi terstandarisasi kepada masyarakat petani dan penyuluh dalam mendukung keberhasilan pembangunan pertanian.  Hadir dalam kegiatan para petani, penyuluh pertanian, Kabid Penyuluhan, Babinsa, Kepala Pekon Tiyuh Memon, Talang lebar, Kepala Pekon Tanjung Heran, Banjar Agung Udik, Banjar agung Ilir, Negeri Ratu.

Sumber: Tim Bimtek dan Tim Medsos BPTP Lampung