JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

BPTP Lampung Melaksanakan Bimbingan Teknis Usahatani Jagung Berkelanjutan Berbasis Korporasi


Dalam rangka kelanjutan kegiatan Riset dan Pengembangan Inovatif Kolaboratif Lahan Kering Masam (RPIK LKM), BPTP Lampung melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tema Sistem Usahatani Jagung Berkelanjutan Berbasis Korporasi di Lahan Kering Masam, yang bertempat di Grand Elty Lampung Selatan pada tanggal 22 November 2021. Kegiatan Bimtek ini dihadiri oleh Kepala BPTP Lampung, Kepala dan Sekretaris Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lampung Selatan, serta penyuluh dan petani kooperator kegiatan RPIK LKM dari Desa Karang Rejo dan Sidoharjo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Melalui Bimtek ini diharapkan permasalahan petani jagung yang sering mencuat terkait pemasaran hasil produksinya dapat diminimalisir bahkan diatasi.



Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Kepala BPTP Lampung, yang dalam sambutannya menyatakan bahwa keberhasilan yang telah dicapai oleh petani jagung di Kecamatan Jati Agung dalam kegiatan RPIK LKM patut menjadi kebanggaan bersama. Usahatani jagung berkelanjutan berbasis korporasi ditingkat petani ini diharapkan mampu menjaga produksi jagung secara berkelanjutan dan menjadikan petani memainkan peranan utama dalam menentukan harga komoditas jagung di pasaran. Salah satu model yang diterapkan adalah tanam jagung secara berkala dan diharapkan petani dapat menghasilkan produksi jagung secara berkelanjutan sehingga harga jagung di pasaran fluktuasinya tetap pada harga yang menguntungkan petani. Selain daripada itu  kegiatan Bimtek ini juga bertujuan untuk menyaring berbagai informasi, baik yang positif maupun negatif, dari petani kooperator kegiatan RPIK LKM dalam rangka menyempurnakan model pengembangan teknologi inovasi yang telah diterapkan di lapangan.



Mewakili Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lampung Selatan menyatakan apresiasi kepada BPTP Lampung atas pembinaan dan Bimtek yang selama ini telah dilaksanakan dan harapannya petani jagung di Kabupaten Lampung Selatan dapat menjadi petani maju, mandiri dan modern. Selanjutnya Kepala Dinas juga berharap bahwa Bimtek ini dapat menambah informasi dan pengetahuan para petani. Tidak lupa Kepala Dinas mengingatkan agar segala informasi dan ilmu yang telah diperoleh selama Bimtek dapat diaplikasikan ke lahan garapannya masing-masing dan juga meneruskan ke petani-petani lainnya.   

Materi-materi yang disampaikan pada Bimtek ini terdiri dari: (1) Kebijakan Pengembangan Komoditas Jagung di Lampung Selatan oleh Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Hortikulturan dan Perkebunan Kabupaten Lampung Selatan, (2) Pengelolaan Lahan Kehutanan untuk Budidaya Tanaman Pangan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, (3) Pengelolaan Sumur Bor oleh Gapoktan Sidokaryo, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, (4) Penguatan Kelompok Tani oleh Penyuluh BPTP Lampung, (5) Pengembangan Kemitraan Kelompok Tani (Saprodi) oleh PT. Syngenta Indonesia, (6) Pengembangan Kemitraan Kelompok Tani (Pemasaran Hasil) oleh PT. Charoen Pokphand Indonesia, dan (7) Pengembangan Kemitraan Kelompok Tani (Permodalan) oleh Lembaga Keuangan, BRI Cabang Kalianda Lampung Selatan.

Sumber: Tim RPIK LKM dan tim medsos BPTP Lampung