JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

BPTP Lampung Hadiri Panen Padi Program Optimalisasi Indeks Pertanaman (OPIP) IP-400 dan Pengukuhan KTNA Kabupaten Way Kanan

 

Buay Bahuga, 22 Desember 2021. Panen padi Program Optimalisasi Indeks Pertanaman (OPIP) IP-400 dan pengukuhan KTNA Kabupaten Way Kanan masa bakti 2021-2026 dengan tema “IP-400 wujudkan petani Way Kanan yang unggul dan sejahtera demi Lampung Berjaya” dilaksanakan di Kampung Sukabumi, Kecamatan Buay Bahuga, Kabupaten Way Kanan. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Lampung yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan/Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung (Ir. Kusnardi, M.Agr.Ec.), Ketua KTNA Provinsi Lampung/anggota Komisi IV DPR RI (Ir. Hanan A. Rozak, M.Si.), Bupati Way Kanan yang diwakili oleh Sekretaris Kabupaten (Saipul, S.Sos., M.IP), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), staf ahli Bupati, para Kepala UPTD lingkup Pemda Way Kanan, Kepala Bagian Perencanaan Pemda Way Kanan, wakil Kepala BPTP Lampung, wakil Kepala BPP Lampung, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera, anggota DPRD Kabupaten Way Kanan, Camat Buay Bahuga dan jajarannya, Kepala Kampung Sukabumi dan jajarannya, para penyuluh di wilayah Way Kanan, serta anggota KTNA dan kelompok tani. Kepala BPTP Lampung dalam acara ini diwakili oleh Liasion Officer (LO) Kabupaten Way Kanan yaitu Reny Debora Tambunan, S.Pt., M.Sc., dan Tri Kusnanto, SST.

Rangkaian acara ini diawali dengan pengukuhan Pengurus KTNA Kabupaten Way Kanan yang dipimpin oleh Ketua KTNA Provinsi Lampung. Terpilih sebagai Ketua KTNA Kabupaten Way Kanan adalah Widyo Kuncoro, S.Sos. Setelah pengukuhan, acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Bapak Ir. Kusnardi, M. Agr. Ec. yang mewakili Gubernur Lampung. Dalam sambutannya beliau antara lain menyampaikan bahwa KTNA merupakan kumpulan orang-orang hebat (andalan) di bidang pertanian, yang diandalkan oleh petani di sekitarnya sehingga harus menjadi lebih hebat lagi. Selain itu, KTNA juga merupakan wadahnya musyawarah untuk kesejahteraan petani. KTNA juga merupakan mitra pemerintah sehingga diharapkan bisa meningkatkan kerjasama dan bersinergi dengan Pemda untuk melaksanakan program pemerintah seperti Kartu Petani Berjaya (KPB) yang merupakan program Gubernur Lampung. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa IP-400 merupakan jawaban atas kekhawatiran atas perubahan iklim, dengan cara memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pendapatan petani dan menyediakan pangan bagi masyarakat, seperti penggunaan bibit unggul berumur pendek (genjah) dan penggunaan alsintan untuk mempercepat produksi.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Bapak Ir. Hanan A. Rozak, M.Si. Beliau sependapat dengan yang disampaikan oleh Asisten II Pemda Lampung bahwa untuk melaksanakan IP 400 diperlukan teknologi seperti bibit unggul dan alsintan. Namun bagi petani, alsintan (contohnya transplanter), bukan merupakan prioritas utama karena harganya yang cukup mahal sehingga perlu mendapatkan bantuan dari pemerintah. KTNA diminta jangan mengharapkan sesuatu dari pemerintah tetapi harus berpikir apa yang bisa diberikan untuk kemajuan pertanian Indonesia. Sebagai andalan, anggota KTNA harus mempunyai kemampuan lebih dari petani lainnya. Terakhir, sambutan disampaikan oleh Bapak Saipul, S.Sos, M.IP menyampaikan bahwa sektor pertanian menyumbang sekitar 33% sedangkan hasil olahannya menyumbang sekitar 22% untuk pendapatan daerah Way Kanan, sehingga apabila kedua sektor tersebut ditingkatkan maka kesejahteraan petani Way Kanan akan meningkat. Akan tetapi, ketersediaan pupuk terutama pupuk subsidi yang sangat terlambat menjadi kendala bagi peningkatan produktivitas pertanian. Pada akhir sambutan beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Lampung dan tamu undangan karena berkenan hadir untuk menyaksikan dan melakukan panen padi IP 400, yang kesemuanya ini merupakan bantuan dari BPP dan BPTP Lampung. Acara ini diakhiri dengan panen padi secara simbolis oleh wakil dari beberapa tamu undangan.

Sumber: Tim Media Sosial BPTP Lampung