JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

BPTP Lampung Gelar Panen Bersama Bupati Lampung Selatan, Kegiatan Perbenihan dan Demplot Padi Inpari 32 di Sragi, Lampung Selatan

Sragi, 6 Oktober 2021. Dalam rangka penyebarluasan teknologi Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, BPTP Lampung mengadakan kegiatan panen bersama Perbenihan dan Demplot Varietas Unggul Baru (VUB) padi Inpari 32 seluas 10 ha pada areal hamparan seluas 100 ha yang berada di Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan.
Acara ini dihadiri oleh Bupati Lampung Selatan (Hi. Nanang Ermanto) bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pemda Lampung Selatan, anggota Komisi II Kabupaten Lampung Selatan (Bapak Taman), Kepala BPTP Lampung (Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si.) beserta jajarannya, Area Manager Lampung PT. Agri Makmur Pertiwi (Agustinus Juni), Camat Sragi, Kepala Desa Kuala Sekampung, Penyuluh Kecamatan Sragi, serta para petani sekitar.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan mengharapkan petani yang hadir dapat mengaplikasikan pupuk organik pada lahannya sehingga dapat berproduksi dengan optimal dan berkelanjutan. Hal ini mengingat kondisi tanah di lokasi yang memiliki kandungan nitrogen yang rendah dan pH yang cenderung masam. Selain itu, Bupati juga berharap setiap bantuan yang telah diterima oleh petani dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan diharapkan dapat dikembangkan. Beliau juga mengingatkan terkait sumber daya manusia pada bidang pertanian yang terus mengalami penurunan, perlu dilakukan pemberdayaan pertanian, terutama untuk generasi muda. Beliau berharap teknologi pertanian yang sudah ada saat ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan wajib memperhatikan kelestarian lingkungan.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan sapi sebanyak 9 ekor serta benih padi kepada petani peserta, yang diserahkan oleh Bapak Bupati serta disaksikan oleh Bapak Kepala BPTP Lampung secara simbolis.

Hasil ubinan panen bersama ini yang disampaikan oleh Ibu Kasubbag TU BPTP Lampung (Arfi Irawati, S.P., M.Si.) mencapai 10,240 ton/ha GKP. Hasil ini sesuai dengan deskripsi Inpari 32 yang memiliki produktivitas tinggi dan toleran terhadap penyakit Hawar Daun Bakteri (HDB). Dalam rangka hilirisasi teknologi pertanian, panen bersama ini juga dilengkapi dengan bimbingan teknis dengan tema "Teknik pengubinan, uji cepat kualitas tanah dengan menggunakan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS), dan mendeteksi kebutuhan nitrogen tanaman dengan Bagan Warna Daun (BWD)."

Sumber: Tim Web & Medsos BPTP Lampung