JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) STANDAR BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN WAY KANAN.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung menyelenggarakan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Standar Budidaya Tanaman Perkebunan dan Peternakan” di Desa Beringi Jaya Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan, 6 September 2022. Bimtek dihadiri oleh Bupati Kabupaten Way Kanan diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Way Kanan (Selan, S.Sos.,M.M), Kadis Perkebunan Way Kanan (Arifin, S.Sos., M.M)  serta jajarannya, Kabid Penyuluhan Tanaman Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan, Camat Rebang Tangkas (Nurhadi Irawan, S.Sos), Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Pj.Kepala Desa Beringin Jaya (Juli Lestari, SE) serta dan Poktan setempat.


Dalam sambutannya Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Way Kanan (Selan, S.Sos.,M.M), mengatakan bahwa Kabupaten Way Kanan dengan potensi luas lahan perkebunan Rakyat 103.063,1 Ha,dengan Luas lahan perkebunan kopi Kab. Way Kanan 23,246 ha. Sedangkan luas lahan perkebunan kopi di Kecamatan Rebang Tangkas 4.139 Ha dan umumnya budidaya tanaman kopi masih dilakukan secara tradisional sehingga produktivitas yang dicapai masih rendah, produktivitas kopi di Kab. Way Kanan rata 0,4 ton/Ha sedangkan rata-rata Produktivitas kopi Provinsi Lampung 0,7 ton/H. Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kanan melalui Dinas Perkebunan guna meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil perkebunan dalam hal ini komoditas kopi adalah melalui peningkatan kapasitas dan pengetahuan petani pekebun dalam hal praktik budidaya tanaman yang baik dan benar. Atas nama pemerintah Kabupaten Way Kanan saya mengucapkan terimakasih kepada Pihak Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung, atas kerjasamanya dalam upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil perkebunan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Way Kanan.

Kasubag Tata Usaha (Arfi Irawati, SP, M.Si) yang mewakili Kepala BPTP Lampung mengharapkan kegiatan Bimtek berjalan dengan lancar dan dapat menggunakan metode penyampaian materi kelas maupun praktek langsung di kebun petani, untuk komoditas Kopi dan peternakan. Model Praktek langsung diharapkan berdampak terhadap penyerapan inovasi Balitbangtan oleh petani sehingga memberikan solusi tentang permasalahan yang dihadapi. Para peserta sangat antusias dalam kegiatan Bimtek, aktif saat diskusi baik saat materi kelas dan praktek lapang. Penerapan model praktek langsung di kebun terbukti memberikan dampak terhadap peserta dalam memahami materi yang disampaikan para narasumber. Adapun materi yang disampaikan antara lain: Program pengembangan komoditas Kopi Robusta Way Kanan (Arifin, S.Sos., M.M),  Food Estate Kabupaten Way Kanan (Rahmad, S.Pd., M.M), Strategi mendongkrak produktivitas kopi, (Arfi Irawati, SP, M.Si), Manajemen Budidaya Kopi Robusta Pada Sistem Kebun Campur Terintegrasi Ternak Kambing & Rehabilitasi Kopi Tua (Robinson Putra, S.P., M.Si dan Erdiansyah, SP), Manajemen Pengolahan pakan, limbah, dan Kesehatan ternak kambing (Andi Maryanto, SST). Tim dari BPTP Lampung Arfi Irawati, SP, M.Si, Agung Lasmono, SP, M.Si, Robinson Putra, SP., M.Si, Akhmad Ansyor, S.P., M.Sc, Erdiansyah, SP, Dede Rusmawan, SP, Andi Maryanto, SST, Tri Kusnanto, SST, Yulis Aisyah, M. Khairul Anam, M. Zainudin, Arnal dan Eko A.


Sumber: Tim Bimtek, Tim Medsos dan Website BPTP Lampung