JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Tulang Bawang Panen Raya

Minggu, 7 Oktober 2018.Panen Raya Padi Sawah seluas 800 ha di Kampung Wono AgungKec. Rawajitu Selatan-Tulang Bawang.

Panen raya dihadiri oleh Bupati Tulang Bawang, Kepala Dinas Pertanian Tulang Bawang, Danramil Rawajitu Selatan, BPTP Lampung, DPRD Kabupaten Tulang Bawang dan anggota Gapoktan se Kecamatan Rawajitu Selatan.

Sebagian padi yang ditanam petani merupakan varietas lokal hasil seleksi petani, dan sudah ditanam selama 2 tahun lalu diberi nama "Temon" atau bermakna temuan. Varietas temuan petani ini memiliki potensi hasil cukup menjanjikan. Konversi hasil ubinan mencapai 6 ton/ha. Varietas lain yang juga ditanam di areal panen tersebut yakni "kristal" merupakan padi hibrida yang hasil panennya berkisar antara 7-8 ton/ha.

Ka Gapoktan RJS (Hadini) menuturkan bahwa di Kampung Wono Agung petani dapat panen padi 2 kali dalam setahun dikarenakan air selalu tersedia. Hanya saja saluran air membutuhkan pengerukan karena sudah mulai dangkal. Proses panen semuanya sudah menggunakan mesin Combine Harvester baik berasal dari bantuan pemerintah maupun milik petani sendiri.

Selanjutnya pada kesempatan itu Bupati Tuba menyayangkan bahwa sebagian besar gabah petani dibeli tengkulak dan dijual ke Sumsel. Untuk itu, ke depan Pemda Tulang Bawang akan mendorong Gapoktan agar mampu memproses gabah menjadi beras dan dapat di pasarkan di Tulang Bawang. Sebagai bentuk dukungan nyata dalam hal pemasaran beras tersebut, pemda Tuba akan merumuskan aturan bagi PNS Tuba untuk membeli beras hasil produksi gapoktan.

 

Tim Humas BPTP Lampung

wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink sat hacklink sat deface mirror hacklink wso shell