JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Kebun Percobaan Natar Kembangkan Lada Perdu

Lada merupakan tanaman rempah yang banyak dibudidayakan petani di Lampung.   Umumnya budidaya lada di Lampung dilakukan dengan sistem tiang panjat hidup.  Bahan tanam yang digunakan yakni sulur panjat yang memiliki cukup akar lekat sehingga dapat merambat ke tiang panjat. 

Lada akan berbuah pada umur 3 tahun. Untuk mempercepat berproduksinya, lada dapat dibudidayakan dengan sistem tanpa tiang panjat atau lebih dikenal dengan lada perdu yang dapat berproduksi pada umur 1 tahun (mengikuti musim berbuah lada). 

Salah satu perbedaan lada perdu dari lada panjat pada pengambilan bahan tanam. Bahan tanam lada perdu diambil dari percabangan lada yang sudah cukup tua bukan sulur panjat, sulur cacing, ataupun sulur gantung.  Cabang lada perdu adalah bagian tanaman lada yang tidak tumbuh akar pada bukunya. 

 Pengambilan cabang ini sebaiknya dilakukan setelah panen, atau pada saat lada tidak berproduksi.  Waktu pengambilan usahakan pagi atau sore hari agar entres tidak cepat layu.  Alat yang digunakan harus tajam, bersih, dan di cuci dengan alkohol 70%.

BPTP Lampung melalui kebun percobaan Natar  mengembangkan budidaya lada perdu.  Lada Perdu koleksi Kebun Percobaan Natar sudah berumur 3 Tahun, dimulai dari tahun 2015.  Koleksi  ini sebagai sarana untuk pembelajaran dan diseminasi lada perdu.   Menurut Koordinator Kebun Percobaan Natar, Edwin Herdiansyah, SP bahwa koleksi Lada perdu di Kebun Percobaan Natar seluas 1000 m2 ditanam di lahan kering masam.  Pengairan menggunakan irigasi tetes sedernaha sehingga mudah dan murah untuk diterapkan petani.

Untuk memenuhi kebutuhan pengembangan lada perdu, Kebun Percobaan Natar mengembangkan pembibitan/ perbenihan khusus lada perdu.  Perbenihan  lada perdu mengunakan varietas Natar 1.  Benih lada perdu berkisar Rp. 5.000 sampai Rp.8000,  untuk kebutuhan dalam jumlah yang banyak untuk dapat memesan terlebih dahulu.

 

Foto Dokumentasi :

 

 

Penyusun : Gohan O.M., Edwin Herdiansyah, Betty M, Tri Kusnanto, Suryani

wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink sat hacklink sat deface mirror hacklink wso shell