JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosial Media

Pelatihan Konservasi Lahan Kopi di Kabupaten Lampung Barat

BPTP Lampung telah melakukan pelatihan konservasi lahan kopi di Desa Batu Ketulis, Liwa, Kabupaten Lampung Barat.  Pelatihan ini bertujuan menjadikan desa tersebut sebagai desa mandiri konservasi.

Pelatihan tersebut difasilitasi oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Lampung Barat dimana pelatihan ini  menjadi pertemuan yang kedua kalinya.     Acara dibuka oleh Bapak Camat Liwa dengan dihadiri sekitar 50 orang yang terdiri dari petani kopi, PPL, kepala desa, dan staf Disbun.

BPTP Lampung  sebagai lembaga  pengkajian teknologi pertanian Kementan  mengirimkan narasumber  Ir. Junita Barus, MSi.   Pada pertemuan pertama tanggal 28 Maret 2018 dengan materi  ‘Perlunya Konservasi Lahan”.  Pada pertemuan kedua  tanggal 16 Mei dengan materi “pembuatan teras kontur pada lahan pertanaman kopi”.

Pada materi kedua tersebut dijelaskan beberapa cara pembuatan teras pada lahan dengan kemiringan lebih 40 %.  Tanaman kopi yang sudah ada disarankan untuk dibuat teras gulud dan teras individu, rorak serta tanaman penutup tanah untuk mencegah erosi tanah dan air.

Sumber : Junita Barus & Tim Humas BPTP Lampung

wso shell indoXploit shell wso shell hacklink hacklink sat hacklink sat deface mirror hacklink wso shell